Berita Video

Tangkai Bujang Dare Digelar Perdana Dalam FSBM XII Kalbar di Sekadau

Ia juga mengapresiasi para pemenang bujang dare. Tercatat, untuk kategori bujang Kalbar disabet finalis dari Kayong Utara.

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Rivaldi Ade Musliadi

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SEKADAU - Lomba tangkai bujang dare Kalimantan Barat 2018 baru diselenggarakan pertama kali dalam Festival Seni Budaya Melayu (FSBM) ke XII Tingkat Provinsi Kalbar di Kabupaten Sekadau. Dari 14 kabupaten kota se Kalimantan Barat, baru 10 kabupaten dan kota saja yang mengirimkan perwakilannya pada lomba tangkai budang dare.

Ketua Majelis Adat Budaya Melayu (MABM) Provinsi Kalimantan Barat, Prof. Chairil Effendy mengungkapkan, FSBM baru pertama kali menyelenggarakan tangkai bujang dan dare. Ia menilai panitia di Sekadau cukup profesional dalam menyelenggarakan kegiatan tersebut hingga berjalan dengan lancar.

Baca: Bujang Dare Kalbar 2018 FSBM XII Diraih oleh Perwakilan Kayong Utara dan Melawi

Baca: Ikut FSBM XII Kalbar di Sekadau, Kerupuk Basah di Stan Kapuas Hulu Laris Manis

“Mudah-mudahan, dimasa-masa depan akan ditingkatkan kualitas penyelenggaraannya,” ujarnya, Rabu (7/11) malam.

Chairil berharap, nantinya setiap daerah bisa mengirim perwakilannya. Diketahui, pada tangkai bujang dare baru 10 kabupaten dan kota yang ikut serta dalam lomba tersebut.

“Mudah-mudahan 2 tahun kedepan, 14 kabupaten dan kota mengirim semuanya,” ucap Chairil.

Ia juga mengapresiasi para pemenang bujang dare. Tercatat, untuk kategori bujang Kalbar disabet finalis dari Kayong Utara.

Sedangkan, finalis dari Melawi mendapat predikat dare Kalbar.

“Mereka (finalis) pinter-pinter. Tes psikologi mereka hasilnya positif. Bahkan, ada satu yang diluar rata-rata, tinggi sekali itu dari Kayong Utara, IQ-nya 120,” beber Chairil.

Dengan begitu, kata dia, anak-anak yang berpotesi dibidang akademik bisa didapat. Bahkan, ia berharap, mereka bisa ditarik untuk kuliah dan lain sebagainya agar karir mereka jelas kedepannya.

“Saya juga berharap kepada semua finalis mengembangkan diri terus-menerus agar dalam event bujang dare yang akan datang bisa ikut dan meningkatkan hasilnya,” harapnya.

Simak penuturan lengkapnya pada video berikut. (gam)

Penulis: Rivaldi Ade Musliadi
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved