IMTEK: Sumpah Pemuda Momentum Penting Untuk Jaga Persatuan Dan Konsolidasi Pemekaran KSU

Ketua umum Ikatan Mahasiswa Kecamatan Teluk Keramat (IMTEK) Wahyu mengatakan, Hari sumpah pemuda merupakan momen

IMTEK: Sumpah Pemuda Momentum Penting Untuk Jaga Persatuan Dan Konsolidasi Pemekaran KSU
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Ketua Ikatan Mahasiswa Teluk Keramat (IMTEK) Wahyu 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak M Wawan Gunawan

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SAMBAS - Ketua umum Ikatan Mahasiswa Kecamatan Teluk Keramat (IMTEK) Wahyu mengatakan, Hari sumpah pemuda merupakan momen yang sangat penting untuk menjaga persatuan dan kesatuan antar sesama.

"Sumpah pemuda yang diperingati setiap 28 Oktober dan pada tahun ini, bertemakan "Bangun Pemuda Satukan Bangsa," merupakan tema yang pas untuk menjaga persatuan bangsa di tengah banyak nya isu-isu yang dapat memecah persatuan bangsa," ujar Wahyu, Selasa (30/10/2018).

Ia menambahkan, Selain itu momen sumpah pemuda juga bisa untuk ajang konsolidasi pergerakan. Dalam hal ini menurut Wahyu untuk mengajak seluruh elemen masyarakat. 

Baca: Miliki Peranan Strategis, Bawaslu Mempawah Gandeng Kaum Pemuda Jadi Pengawas Partisipatif

Untuk bersama-sama bergerak terkhusus pemuda-pemudi di Kabupaten Sambas bagian utara, sehingga dapat berkontribusi langsung dalam pemekaran Daerah Otonomi Baru Kabupaten Sambas Utara (DOB-KSU).

Lanjutnya penting juga untuk pemuda agat dapat andil secara langsung dalam pemekaran Kabupaten Sambas Utara. Yakni dengan mengubah dan memberikan pengertian pada persepsi masyarakat.

Bahwa pemekaran KSU bukan hanya kepentingan elite politik saja, tapi untuk kemajuan KSU dan daerah Utara Sambas itu sendiri. Maka dengan begitu persepsi itu akan hilang dengan sendirinya.

Wahyu mengungkapkan, salah satu yang menjadi penghambat Pemekaran KSU Adah kurangnya peranan pemuda. Oleh karena ia meminta peran serta pemuda dalam Pemekaran KSU.

"Salah satu yang menjadi penghambat proses pemekaran ini adalah, kurangnya peran pemuda dalam bergerak bersama dalam mewujudkan daerah otonomi baru dan selama ini yang bergerak hanya kalangan politik saja atau golongan tua saja," ungkap Wahyu.

Sebagaimana diketahui, Pemuda hari ini mempunyai peran penting dalam pemekaran KSU. Karena pemuda yang mempunyai semangat yang tinggi dan juga sikap independensi. 

Baca: Rasau Jaya Jadi Tuan Rumah Pencanangan Kampung KB Tingkat Kabupaten

Halaman
12
Penulis: M Wawan Gunawan
Editor: madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved