Bagikan Tips Sukses Bangun Startup, Komisaris Telkomsel Cerita Pengalaman Bangkrut 4 Kali

Ia mengungkapkan, memulai ide menjadi nyata adalah hal penting. Sebab, sebagai apapun sebuah ide, jika tak di mulai dan diwujudkan

Bagikan Tips Sukses Bangun Startup, Komisaris Telkomsel Cerita Pengalaman Bangkrut 4 Kali
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ ISHAK
Komisaris Telkomsel, Yose Rizal (paling kanan) menjadi satu pembicara di IndonesiaNEXT 2018, yang dilaksanakan di auditorium Universitas Tanjungpura Pontianak, Selasa (30/10/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Ishak

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Komisaris Telkomsel, Yose Rizal, menjadi satu pembicara di IndonesiaNEXT 2018, yang dilaksanakan di auditorium Universitas Tanjungpura Pontianak, Selasa (30/10/2018). Banyak hal menarik yang diungkapkan orang penting di manajemen Telkomsel itu di event ini.

Satu di antaranya adalah tips bagaimana membangun start-up hingga tumbuh berkembang menjadi besar. Bahkan, ia menceritakan pengalamannya 4 kali gagal dalam membangun usaha.

Baca: Digelar di 15 Kota, Peserta IndonesiaNEXT Diganjar Training Bersertifikat Internasional

Baca: Ratusan Peserta CPNS Pemkot Pontianak Dengarkan Arahan Sebelum Ikuti Tes

"Jangan ditunda-tunda. Langsung dibikin saja, mulai dari hal yang kecil," ujarnya menjawab pertanyaan peserta tentang tips sukses membangun startup, di lokasi acara.

Ia mengungkapkan, memulai ide menjadi nyata adalah hal penting. Sebab, sebagai apapun sebuah ide, jika tak di mulai dan diwujudkan dalam bentuk karya nyata, tidak akan membawa hasil.

Paling menyedihkan manakala nantinya ide yang dipikirkan tersebut dikembangkan oleh orang lain, dan sukses. Karenanya, langkah terbaik sukses membangun startup adalah dengan langsung memulai.

Lantas bagaimana bila tak sempurna?  Hal tersebut menurutnya tidaklah menjadi masalah besar, selama penyempurnaan terus dilakukan. Sebab, penyempurnaan nantinya akan dilakukan oleh pasar itu sendiri.

Lalu, yang tak kalah penting adalah miliki karakter pantang menyerah. Hatta jika harus bangkrut sekalipun.

Bangkrut, menurutnya adalah konsekuensi logis dari sebuah usaha. Sehingga hal tersebut tidak perlu ditakuti, tapi justru harus diantisipasi secara baik.

"Bangkrut itu tidak penting. Cukup sekali saja sukses dari bangkrut, itu saja sudah cukup. Jangan pernah takut gagal," sambungnya.

Ia bahkan menceritakan pengalamannya pernah bangkrut 4 kali dalam membangun usaha.

"Tapi saat itu, saya mau coba lagi jadi entrepreneur. Kalau saat itu saya tidak mencoba lagi, saya tidak ada di sini (sukses seperti saat ini-red)," pungkasnya. 

Penulis: Ishak
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved