Aktif di Aku Belajar, Langkah Nyata Heryanto Menjalankan Tri Darma Perguruan Tinggi

Sebuah organisasi nirlaba yang berfokus pada upaya pemenuhan hak pendidikan kepada masyarakat.

Aktif di Aku Belajar, Langkah Nyata Heryanto Menjalankan Tri Darma Perguruan Tinggi
ISTIMEWA
Para volunteer Aku Belajar tampak menjalankan perannya dalam beberapa agenda yang digagas organisasi nirlaba yang bergerak di sektor pendidikan ini, beberapa waktu lalu. 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Ishak

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Pengabdian kepada masyarakat menjadi satu dari tiga nilai penting dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi. Hal ini, menyiratkan bahwa setiap insan perguruan tinggi punya kewajiban berkontribusi, mengabdi bagi masyarakat.

Tak terkecuali bagi para mahasiswa yang melibatkan diri dalam berbagai agenda ataupun gerakan sosial demi kebaikan masyarakat, dalam konteks ini tak lagi menjadi pilihan, tapi kewajiban.

Langkah positif itu setidaknya diambil oleh beberapa mahasiswa yang tergabung dalam Aku Belajar. Sebuah organisasi nirlaba yang berfokus pada upaya pemenuhan hak pendidikan kepada masyarakat.

Baca: Betikut Undian Grup LPP Wali Kota Cup

"Aku Belajar atau AB adalah salah satu komunitas yang berkecimpung di dunia sosial. Yang membuat saya tertarik bergabung dengan adalah terasanya rasa cinta komunitas tersebut terhadap anak-anak yang kurang kenal secara mendalam terhadap pendidikan," ujar Heryanto, satu di antara anggota AB, Sabtu (20/10/2018).

Pemuda yang juga mahasiswa IKIP PGRI Pontianak itu mengungkapkan, aktif di organisasi ini juga membuatnya merasa dapat meningkatkan diri saya menjadi pribadi yang lebih peduli dan menghargai orang lain. Selain itu, juga bisa membuatnya merasa lebih bersyukur atas apa yang sudah didapatkannya dalam hidup.

Banyak agenda yang sudah digagas Aku Belajar, dan ia terlibat aktif di dalamnya. Seperti pada Minggu (07/10/2018) lalu, saat Aku Belajar menggelar acara pembukaan program belajar mengajar yang sudah memasuki tahun kedua di lingkungan TPA Batu Layang, Siantan.

Program belajar mengajar ini akan digelar selama 6 bulan. Dilaksanakan setiap Sabtu - Minggu, dan akan dimulai pada pertengahan Oktober, yang melibatkan belasan pemuda-pemudi yang berdomisili di Kota Pontianak sebagai relawan mengajar.  

Baca: LIVE STREAMING Persib Vs Persebaya Surabaya Sedang Berlangsung, Laga Dua Sahabat

Bentuk pengajaran yang akan diberikan pun terstruktur dengan baik. Didukung dengan berbagai pelatihan dan evaluasi pada relawan yang mengajar, agar ilmu yang disampaikan untuk adik-adik belajar dapat terserap dengan baik.

Saban Sabtu materi yang diberikan berkenaan dengan akademik atau seperti pelajaran di sekolah. Sedangkan pada Minggu belajar mengenai keterampilan atau non-akademik.  

Ini merupakan tahun kedua NPO Aku Belajar menjalankan program di lokasi sekitar TPA Batu Layang. Program belajar mengajar ini direncanakan akan dijalankan selama 2 tahun berturut-turut di tempat yang sama guna memaksimalkan pendidikan yang diberikan.

Terlibat aktif di kegiatan sosial semacam ini membuat ia yang seorang mahasiswa itupun merasa menjadi pribadi yang lebih bernilai. Membawa manfaat besar bagi banyak orang.

Memanifestasikan semangat tri dharma perguruan tinggi dalam bentuk nyata. Bukan sekadar kata-kata.

Penulis: Ishak
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved