Bupati Bakal Tindak Tegas Developer Tak Bangun Drainase

Ia mengatakan saat memantau dilapangan juga mengamati kondisi saluran air yang tersumbat yang berpotensi menjadi penyebab banjir.

Bupati Bakal Tindak Tegas Developer Tak Bangun Drainase
TRIBUN PONTIANAK/DESTRIADI YUNAS JUMASANI
Seorang warga menggunakan sepeda motor menerobos banjir di Jalan Cabang Kiri, Desa Teluk Kapuas, Kubu Raya, Kalimantan Barat, Minggu (14/10/2018) siang. Kawasan yang tiap tahunnya langganan banjir tersebut bahkan sempat hingga mencapai lutut orang dewasa, saluran air yang dangkal dan tidak mengalir menjadi satu diantara faktor penyebab kawasan tersebut bisa dua kali setahun dilanda banjir. 

Laporan Wartawan Tribunpontianak, Try Juliansyah

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KUBU RAYA - Terkait adanya banjir di sejumlah titik di Kubu Raya, Bupati Kubu Raya, Rusman Ali mengaku turun langsung melihat kondisi di lapangan.

Diakui olehnya penyebab banjir di Kubu Raya tidak terlepas pula dari adanya air pasang.

"Kemarin saya turun langsung ke lapangan memang banjir itu selain curah hujan tinggi juga karena ada air pasang," ujarnya, Senin (15/10/2018).

Baca: BPBD Catat Hingga Kini 2455 KK Terdampak Banjir di Mempawah

Baca: Kondisi Pemukiman Warga di Kubu Raya Terkena Banjir

Ia mengatakan saat memantau dilapangan juga mengamati kondisi saluran air yang tersumbat yang berpotensi menjadi penyebab banjir.

"Kita lihat juga jika ada kaitannya dengan dinas terkait kita panggil dinasnya, misalnya paritnya kotor atau mengalami pendangkalan kita panggil dinas terkait untuk membersihkan dan melakukan pengerukan," tuturnya

Dampak banjir ini juga diakuinya bisa merusak infrastruktur yang ada di Kubu Raya.

"Kalau misalnya parit tidak lancar dan hujan turun disertai air pasang maka air akan menggenang. Nah nantinya ini juga bisa merusak jalan," katanya.

Selain itu ia juga menghimbau kepada developer perumahan yang ada di Kubu Raya untuk memperhatikan pembangunan drainase.

Menurutnya keberadaan drainase ini menjadi syarat penting untuk izin membangun perumahan.

"Kalau ada developer yang tidak membangun drainase, tetap kita tegor dinas, izinnya kita tahan. Bahkan kalau memang masih bandel bisa kita cabut izinnya," pungkasnya.

Penulis: Try Juliansyah
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved