Ribuan Anak TK Hingga Paud di Mempawah Antusias Ikuti Rangkaian Manasik Haji

Dengan menggunakan kain Ihram Putih, jamaah Haji cilik ini melakukan seluruh rangkaian ibadah haji didampingi oleh para orang tuanya.

Ribuan Anak TK Hingga Paud di Mempawah Antusias Ikuti Rangkaian Manasik Haji
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ FERRYANTO
Suasana Manasik Haji bagi anak - anak Paud / TK di Mempawah, Sabtu (13/10/2018).    

Laporan Wartawan Tribun Pontianak Ferryanto

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, MEMPAWAH- Halaman Kantor Bupati Mempawah pada Sabtu (13/10/2018) pagi mendadak di penuhi oleh ribuan jamaah haji asal Kabupaten Mempawah yang hendak melakukan ibadah Haji.

Ternyata, Ribuan jamaah haji ini merupakan jamaah haji cilik yang berasal dari berbagai TK dan Paud yang ada di seluruh Kabupaten Mempawah.

Baca: Satu Korban Pasutri Tenggelam Belum Juga Ditemukan, Sat Pol Air Mempawah dan Tim SAR Lakukan Ini

Baca: Meski Hujan, Ribuan Umat Antusias Hadiri Kalbar Bersalawat Bersama Habib Syech Abdul Qodir Assegaf

Ratusan jamaah haji cilik yang didampingi oleh para orang tuanya inipun berpakaian layaknya jamaah haji sungguhan.

Dengan menggunakan kain ihram Putih, jamaah Haji cilik ini melakukan seluruh rangkaian ibadah haji didampingi oleh para orang tuanya.

Anak -anak pun tampak sangat bersemangat saat melakukan ibadah thawaf dengan mengelilingi replika Ka'bah yang di buat di halaman Kantor Bupati.

Rintik hujan saat kegiatan ini berlangsung pun tak memadamkan semangat anak - anak ini mengikuti seluruh  rangkaian ibadah Haji saat manasik ini,

Suwanda Asisten Administrasi dan Umum Setda Memapawah mengatakan, bahwa pihak Pemda akan senantiasa mendukung kegiatan ini Kabupaten Mempawah.

Kegiatan yang menjadi agenda rutin di Mempawah tiap tahunnya ini bertujuan untuk untuk menanamkan nilai - nilai keagamaan sejak dini, sehingga diharapkan anak - anak nantinya dapat menjadi anak yang g beriman dan bertakwa.

"Ini merupakan dukungan Pemda dalam rangka menanamkan nilai - nilai keagamaan pada anak Paud / TK sejak dini, khususnya dalam ibadah haji, sehingga mereka lebih mengerti tentang prosesi ibadah Haji, dan kedepan di harapkan mudah - mudahan mereka menjadi anak - anak yang beriman dan bertaqwa, sehingga lalu mereka nantinya bisa melaksanakan ibadah haji, mereka sedikit sudah paham,"papar Suwanda.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda Olahraga dan Pariwisata, Firman juli Purnama mengatakan, dalam kegiatan ini, semua TK, PAUD, KB, dan RA yang ada di Kabupaten Mempawah diikutsertakan.

Kegiatan ini pun, selain untuk memberi pemahaman kepada anak tentang proses ibadah haji, juga sebagai Pendidikan Karakter sesuai dengan K-13.

Firman berharap, pada kegiatan ini nntinya tertanam jiwa budi pekerti yang baik dan islami kepada anak-anak.

"Ini kan juga termasuk Pendidikan Karakter sesuai K-13, banyak potensi yang kite berikan. Kite pun berharap tertanam jiwa budi pekerti yang baik kemudian mereka jadi anak-anak yang islami. Sehingga kita mencoba menggali potensi ini sejak awal. Dan mudah-mudahan juga mereka dipanggail Allah untuk dapat menjalankan Ibadah Haji," harapnya.

Penulis: Ferryanto
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved