Sutarmidji Target 20 Persen Desa Mandiri di Kalbar Selama Pemerintahannya

Gubernur Kalimantan Barat H Sutarmidji menargetkan 20 persen desa di Kalimantan Barat menjadi desa kategori mandiri selama masa pemerintahannya

Sutarmidji Target 20 Persen Desa Mandiri di Kalbar Selama Pemerintahannya
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/RIZKY PRABOWO RAHINO
Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji saat diwawancarai awak media di Pendopo Gubernur Kalbar, Minggu (30/9/2018) siang. 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Rizky Prabowo Rahino

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Gubernur Kalimantan Barat H Sutarmidji menargetkan 20 persen desa di Kalimantan Barat menjadi desa kategori mandiri selama masa pemerintahannya pada periode 2018-2023.

Target itu terbilang gila, namun dia percaya bisa terwujud melalui sinergitas seluruh stakeholder, khususnya dengan Kodam XII/Tanjungpura dan Polda Kalbar.

"Pak Pangdam dan Pak Kapolda mendukung. Saya optimis target ratusan atau 20 persen desa mandiri di Kalbar selama pemerintahan saya terealisasi," ungkapnya.

Sesuai Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), kata dia, sebenarnya target desa mandiri hanya 64 desa. Penetapan target ratusan desa sebagai upaya menggenjot jumlah desa mandiri. Pasalnya, kondisi saat ini masih memprihatinkan.

Baca: Bentuk Kepedulian Sosial, Telkomsel Gratiskan Pelanggan di Palu Nelpon dan SMS Sepekan Penuh

"Di Kalbar, hanya ada satu desain mandiri. Sementara itu lainnya, 566 desa sangat tertinggal, 865 desa tertinggal, 349 desa berkembang, 54 desa maju dan 196 desa belum terjadi kasus," paparnya.

Mantan Wali Kota Pontianak dua periode itu menimpali desa mandiri merupakan program prioritas utama masa pemerintahannya. Hal ini sebagai upaya percepatan perubahan-perubahan  di desa.

"Saya punya harapan Provinsi Kalimantan Barat bisa jadi model percontohan di nasional dalam penanganan masalah-masalah desa," tandasnya. 

Penulis: Rizky Prabowo Rahino
Editor: madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help