Gelar Aksi Sapta Pesona, Disporapar Kalbar Akan Sambangi Riam Ensiling di Tayan

Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalbar terus berupaya positif dalam mewujudkan memasyarakatkan sadar pariwisata

Gelar Aksi Sapta Pesona, Disporapar Kalbar Akan Sambangi Riam Ensiling di Tayan
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ANESH VIDUKA
Sejumlah warga berfoto dengan latar Jembatan Tayan di Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat, Kamis (7/1/2016). 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Hamdan

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalbar terus berupaya positif dalam mewujudkan memasyarakatkan sadar pariwisata.

Dinas Pariwisata bersama dengan Komunitas sepeda, Genpi dan Kelompok Sadar Wisata Desa akan melakukan kegiatan dengan menyambangi wisata alam riam ensiling di Tayan.

"Hari minggu ini Disporapar bersama komunitas sepeda akan berkunjung ke Jembatan Tayan sekaligus Riam Ensiling dimana Riam yang paling dekat dari Kota Pontianak," ujar Kadisporapar Kalbar, Natalia Karyawati. Sabtu (6/10/2018)

Ia mengatakan dua kawasan tersebut yang dikunjungi tersebut merupakan daerah wisata baru bisa menjadi alternatif yang bisa dikunjungi.

Baca: Edi Kamtono Launching Bank Sampah

Tak hanya itu riam ensiling akan menjadi sasaran Disporapar untuk mewujudkan sadar wisata dengan berbagai kegiatan yang akan dilakukan termasuk dukungan dari komunitas sepeda.

"Tiba di Tayan kita akan gowes menuju Riam Ensiling dimana kawasan tersebut berada di desa terakhir di Tayan. Di Riam selain menikmati panorama yang ada kita bersama komunitas sepeda akan melakukan aksi bersih-bersih mengumpulkan sampah yang ada disekitar," ujarnya.

Ia menambahkan dua obyek wisata dikawasan Kabupaten Sanggau tersebut yakni Jembatan Tayan dan Riam Ensiling yang terletak di Desa Teraju merupakan dua destinasi wisata yang sering dikunjungi oleh masyarakat luas sehingga perlu dijaga kelestarian serta kebersihan.

Pasca diresmikan oleh Presiden Jokowi, Jembatan tayan banyak didatangi untuk sekadar berfoto atau menikmati sungai dengan menyewa sampan yang ada.

"Ini daya tarik wisata yang juga perlu kita sosialisasikan agar terus dijaga terutama kebersihan kawasan," ujarnya.

Natalia menambahkan dari berbagai macam destinasi wisata di Kalbar, Disporapar akan terus melakukan perbaikan serta fasilitas guna mendukung agar tercipta kesadaran masyarakat menjaga tempat wisata yang ada.

"Pada agenda tersebut kita akan memberikan bantuan tempat sampah di Riam Ensiling dengan tujuan masyarakat dapat menjaga kebersihan," ujarnya.

Penulis: Hamdan Darsani
Editor: madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help