Advetorial

Sudah Ada Rujukan Online, Kini Peserta JKN-KIS Tak Perlu Lama Menunggu Rujukan

Sistem Rujukan Online merupakan inovasi berupa digitalisasi proses rujukan berjenjang untuk kemudahan...

Sudah Ada Rujukan Online, Kini Peserta JKN-KIS Tak Perlu Lama Menunggu Rujukan
istimewa
Peserta JKN-KIS yang bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil di Dinas Provinsi Kalimantan Barat, Rani Maulana (36) 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Sistem Rujukan Online merupakan inovasi berupa digitalisasi proses rujukan berjenjang untuk kemudahan dan kepastian peserta JKN-KIS dalam memperoleh layanan di rumah sakit yang disesuaikan dengan kompetensi, jarak dan kapasitas rumah sakit tujuan berdasarkan kebutuhan medis pasien.

Sistem rujukan online bertujuan memberikan kemudahan kepada peserta JKN-KIS di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dalam memperoleh pelayanan rujukan ke Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL).

Peserta juga tidak lagi memperoleh surat rujukan yang kapan saja bisa tercecer, tetapi adanya rujukan online semua data rujukan peserta akan terekam di sistem yang terhubung ke rumah sakit.

Baca: Masih Susah Akses sscn.bkn.go.id? BKN Umumkan Penutupan Pendaftaran CPNS 2018 Diundur

Baca: RAMALAN ZODIAK - Alihkan Perhatianmu Dari Segala Hal yang Selama Ini Menghambatmu

Baca: TERPOPULER - Dari Latar Belakang Mengerikan Seleb Hingga Heboh Kekerasan Terhadap Pada Perempuan

Bukan hanya menguntungkan peserta JKN-KIS, tetapi juga sangat membantu petugas di FKTP dalam membuat rujukan ke FKRTL yang akan dituju sesuai kebutuhan pelayanan kesehatan peserta. Banyak sekali manfaat yang dapat dirasakan peserta JKN-KIS dengan penerapan sistem rujukan online ini.

Salah satunya adalah Rani Maulana (36) lelaki asal Pontianak ini adalah Pegawai Negeri Sipil di Dinas Provinsi Kalimantan Barat. Saat diwawancarai tim Jamkesnews pria berkulit sawo matang ini mengaku pelayanan kesehatan era Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) kian ringkas dan praktis.

Baca: Perintis Bengkel Seni Fisipol Wafat, Inilah Nyanyian Terakhir Sang Wathan

Baca: LIVE STREAMING Juventus vs Young Boys Sedang Berlangsung, Nyonya Tua Unggul 1-0

Baca: Ratna Sarumpaet Dianiaya, Ini Keterangan Resmi dari Polri

“Hari ini saya berkunjung ke Rumah Sakit Umum Daerah Kota Pontianak, tadinya terlebih dahulu saya ke Puskesmas untuk memeriksakan keluhan pada gigi saya. Di Puskesmas saya dilayani dengan baik, dokter yang memeriksa segera memberikan rujukan online ke rumah sakit untuk penanganan lebih lanjut. Ketika sampai di rumah sakit, data saya sudah ada di rumah sakit, cukup menunggu sebentar saya sudah dipanggil. Luar biasa sekali, mudah-mudahan sistem ini dapat berjalan dengan baik dan semakin mantap,” tutur Rani.

Tidak hanya itu kini dengan penerapan rujukan online, peserta tidak perlu khawatir terjadi penolakan di rumah sakit tujuan rujukan meskipun tidak membawa surat rujukan karena data sudah terekam secara digital, proses administrasi kian mudah dan peserta dapat mendapatkan kepastian pelayanan yang dibutuhkan sesuai medis.

Baca: STIKes Yarsi Pontianak Galang Dana Untuk Korban Gempa dan Tsunami Palu Hingga Donggala

Baca: Tak Disiarkan RCTI, (LIVE) Liga Champions Hoffenheim Vs Manchester City Mulai Pukul 23.55 WIB

Baca: Ratna Sarumpaet Dianiaya, Ini Keterangan Resmi dari Polri

Sampai pada fase ketiga (16-30 September 2018) penerapan rujukan online di Pontianak berjalan dengan lancar, seluruh fasilitas kesehatan tingkat pertama sudah menerapkan sistem rujukan online dan tidak ada kendala peserta mendapatkan pelayanan kesehatan di rumah sakit tujuan.

Ke depannya diharapkan sistem rujukan online dapat berjalan lancar dan memberikan kemudahan bagi semua pihak.

Yuk follow instagram Tribun Pontianak:

Editor: listya sekar siwi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved