Advetorial

Peserta JKN-KIS Tak Perlu Khawatir Kini Kepastian Pelayanan Ada di Rujukan Online

Salah satu terobasan inovasi terbaru yang memberikan kemudahan dan kepastian bagi peserta untuk mendapatkan pelayanan kesehatan

Peserta JKN-KIS Tak Perlu Khawatir Kini Kepastian Pelayanan Ada di Rujukan Online
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ ISTIMEWA
Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Pontianak sekaligus Ketua IDI Kalbar, dr. Rifka MM 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Inovasi baru yang terus menerus dikembangkan oleh BPJS Kesehatan demi terpenuhinya kebutuhan pelayanan kesehatan yang berkualitas kepada peserta lewat Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) semakin berkembang pesat.

Salah satu terobasan inovasi terbaru yang memberikan kemudahan dan kepastian bagi peserta untuk mendapatkan pelayanan kesehatan adalah sistem rujukan online.

Baca: Mobile JKN Masuk Jajaran 99 Top Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2018 dari Kementerian PANRB

Baca: Peserta JKN-KIS Rasakan Langsung Kemudahan dari Rujukan Online BPJS Kesehatan

Uji coba penerapan rujukan online fase pertama telah dilakukan sejak 15 Agustus 2018, dan uji coba fase kedua dilakukan pada 1 September sedangkan uji coba fase ketiga mulai diberlakukan sejak 15 September 2018, sehingga diharapkan pada 1 Oktober 2018 pelaksanaan rujukan online dapat berjalan sebagaimana mestinya tanpa terkendala.

Banyak pihak yang mendukung pelaksanaan sistem rujukan online, terutama para pemangku kepentingan program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indoensia Sehat (JKN-KIS).

Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Pontianak dr Rifka misalnya, sebagai koordinator pelaksanaan tugas dan fungsi di bidang kesehatan di lingkup Pemerintah Kota Pontianak sangat mendukung penerapan sistem rujukan online yang dikembangkan oleh BPJS Kesehatan ini.

Penerapan sistem rujukan online memberikan kepastian kepada peserta JKN-KIS dalam mendapatkan layanan di fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRL), rujukan online memberikan kemudahan kepada Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP).

“Melihat ketersediaan sarana dan ketersediaan dokter spesialis yang ada di FKRTL, maka kami sebagai petugas kesehatan tidak perlu ragu dan khawatir bahwa sipeserta JKN-KIS tidak dilayani di FKRTL” tutur Rifka.

Rifka juga mengatakan fasilitas kesehatan yang ada di kota Pontianak sudah mempersiapkan sarana dan prasarana dalam mendukung pelaksanaan penerapan sistem rujukan online, semua fasilitas kesehatan sudah dilengkapi jaringan internet berkapasistas besar sehingga meminimalisir kendala yang ada dalam penerapan rujukan online, selain itu juga sudah menyiapkan modem untuk mengantisipasi gangguan pada internet.

Rifka juga menyampaikan harapannya kedepan, dengan adanya sistem rujukan online semua pihak sangat di untungkan dengan adanya penerapan sistem rujukan online.

“Harapan kami kedepannya semoga sistem rujukan online ini dapat berjalan maksimal dan berkelanjutan, Karena bukan hanya peserta saja yang diuntungkanakan tetapi faskes juga demikian.

Melalui sistem rujukan online semua sudah terekam secara digital, ini juga memermudah pelaksanaan kegiatan monitoring dan evaluasi,” tutup Rifka. 

Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved