PW IKADI Kalbar Laksanakan Musyawarah Wilayah ke II di Sambas

Dengan visi IKADI yang ingin menjadikan diri sebagai lembaga profesi Da'i yang mampu mengoptimalkan potensi para da'i

PW IKADI Kalbar Laksanakan Musyawarah Wilayah ke II di Sambas
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ M WAWAN GUNAWAN
Foto bersama saat pembukaan Pelaksanaan Musyawarah Wilayah IKADI Kalbar di Aula kantor Bupati Sambas, Minggu (16/09/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak M Wawan Gunawan

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SAMBAS,- Ikatan Da’I Indonesia (IKADI) wilayah Kalimantan Barat menyelenggarakan Musyawarah Wilayah (MUSWIL) kedua yang dilaksanakan pada 15-16 September 2018 di Kabupaten Sambas, Minggu (16/09/2018).

Dipilihnya Sambas sebagai tempat penyelenggaraan Muswil kedua IKADI wilayah Kalimantan Barat kali ini memiliki beberapa bertujuan.

Baca: Dinas Pariwisata Sambas Targetkan 60 Ribu Wisatawan Tahun Ini

Baca: Gagas Destinasi Pertanian Pelangi di Sambas, Pengelola Siap Hadapi Tantangan Pariwisata

Yang pertama Sambas adalah wilayah yang memiliki akar sejarah Islam yang cukup penting dalam peta penyebaran Islam di Kawasan Kalimantan Barat.

Khususnya dan di Kawasan Nusantara Umumnya.

Sehingga pada masanya, Sambas telah dikenali sebagai serambi Mekah. Kedua, Sambas telah melahirkan tokoh-tokoh dan ulama-ulama Besar tidak hanya di Nusantara bahkan pada tingkat dunia seperti Syeikh Ahmad Khatib Sambas dan Syeikh Muhammad Basuni Imran.

Dengan visi IKADI yang ingin menjadikan diri sebagai lembaga profesi Da'i yang mampu mengoptimalkan potensi para da'i dalam menegakkan nilai-nilai Islam sebagai rahmatan lil 'alamin. IKADI telah meletakkan lima misi utama, pertama, Membangun pemahaman Islam berdasarkan al-Quran dan Sunnah sesuai manhaj ulama salafush shaleh bagi segenap umat manusia.

Kedua, Membangun sikap hidup berislam yang rahmatan lil'alamin. Ketiga, Menyebarkan, dan mengamalkan serta membela nilai-nilai Islam. keempat, Meningkatkan ukhuwah Islamiyah antara ummat dan yang kelima adalah untuk meningkatkan kemampuan dan peran da'i dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Semenjak didirikannya pada tahun 2006, IKADI Wilayah Kalimantan Barat telah hadir di seluruh daerah Kalimantan Barat. Dan memberikan kontribusi positif dalam berbagai program keummatan, diantaranya program Pelatihan-pelatihan Da’I dan Muballigh, Pelatihan Manajemen Masjid dan Khatib, Majelis Quran, Pelatihan Fardlu Kifayah dan pengiriman da’I ke Kawasan pedalaman dan Muallaf.

Pada Musyawarah Wilayah (MUSWIL) Ikatan Da`I Indonesia Wilayah Kalimantan Barat kedua ini mengusung tema “Optimalisasi Peran dan Kontribusi IKADI Dalam Dakwah Rahmatan Lil Alamin, Sebagai Perekat Persatuan Bangsa”. Tema ini sangat relevan menjawab berbagai isu dan dinamika keummatan mulai dari radikalisme, terorisme hingga ancaman disintegrasi.

Oleh sebab itu, dalam acara Muswil ini dirangkai dengan Dialog Keummatan dengan tema, “Dakwah Islam Rahmatan Lil Alamin Sebagai Perekat Kesatuan Bangsa".

Dengan narasumber Dr. H. Ahmad Qusyairi Suhail, MA. Sekjen Pusat Ikatan Da`I Indonesia (IKADI), Atbah Rohmin Suhaili, Lc Bupati Sambas dan H Syamsuri Syafiuddin, S.Ag Ketua MUI Kabupaten Sambas.

Acara Muswil dihadiri tidak kurang dari 100 peserta baik dari pengurus wilayah maupun daerah IKADI se-Kalimantan Barat. Selain dialog kebangsaan panitia juga mengagendakan Pemilihan Ketua Wilayah IKADI Kalimantan Barat periode 2018-2023.

Diharapkan melalui Musyawarah Wilayah IKADI kedua ini akan melahirkan program-program yang akan menjadi solusi berbagai persoalan dan dinamika keummatan baik dalam bidang dakwah, Pendidikan dan ekonomi. 

Penulis: M Wawan Gunawan
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help