Citizen Reporter

Sutarmidji: Bangun Drainase Jangan Asal-asalan

Langkah selanjutnya kita akan mencoba frameware untuk penanganan banjir tingkat nasional

Sutarmidji: Bangun Drainase Jangan Asal-asalan
TRIBUNPONTIANAK/ FILE
Sutarmidji 

Citizen Reporter
Humas Pemkot Pontianak, Jimmy Ibrahim 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Kota Pontianak menjadi salah satu dari lima kota yang mendapat bantuan teknis (technical assistant) dari Bank Dunia. Bank Dunia memberikan bantuan teknis ini bagi lima kota yakni Ambon, Manado, Padang, Bima dan Pontianak.

Program bantuan teknis ini bernama Indonesian Sustainable Urbanization (Idsun). Rinsan Tobing, perwakilan dari Bank Dunia menjelaskan, urbanisasi memang memberikan peluang-peluang, akan tetapi ada kemungkinan juga dampak negatifnya.

Oleh sebab itu, perlu dilakukan mitigasi, salah satunya konteks program ini adalah resiko banjir perkotaan dan pengurangan bencana.

(Baca: Meski Laga Memperebutkan Posisi 3 dan 4, Inggris Vs Belgia Jilid Dua Bakal Seru )

"Salah satunya terkait infrastruktur perkotaan yang menjadi kajian kita terkait drainase dan faktor-faktor lainnya," ujarnya saat menyampaikan pemaparan di Aula Abdul Muis Muin Kantor Bappeda Kota Pontianak, Jumat (13/7).

Ditambahkan Rinsan, awalnya ada 30 kota yang disurvey oleh pihaknya. Namun dari 30 kota ini, mengerucut menjadi lima kota yang terpilih mendapat bantuan teknis untuk kajian. Kajian atau studi ini melihat profil dari resiko banjir kota-kota yang terpilih tersebut.

"Kita melihat apa kira-kira masalah dan kondisi atau situasi yang mengakibatkan terjadinya resiko banjir di kota-kota tersebut," ungkapnya.

(Baca: Alhamdulillah, Dulu Lekat dengan Image Seksi, 5 Artis Cantik Ini Akhirnya Mantap Berhijab )

Hasil dari kajian yang dilakukan di lima kota itu akan dipaparkan pada tanggal 13-14 Agustus mendatang. Pihaknya akan mengundang kota-kota yang telah didukung melalui bantuan teknis ini.

"Nanti kita akan memaparkan hasil dari kajian ini dan juga akan mendapatkan pengalaman dari kota-kota lain dan juga pengalaman dari kota lain," sebut Rinsan.

Ia berharap dari hasil kajian ini akan muncul pembelajaran sekaligus rekomendasi-rekomendasi yang diharapkan sehingga bisa ditindaklanjuti dalam perencanaan dan implementasinya di kota-kota itu.

Halaman
12
Penulis: Syahroni
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help