Belum Ada Parpol yang Daftar Caleg di KPU Kapuas Hulu

Memasuki hari ke enam belum ada partai politik yang mendaftar caleg pemiu tahun 2019 secara lengkap ke KPU Kapuas Hulu.

Belum Ada Parpol yang Daftar Caleg di KPU Kapuas Hulu
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA
Ahmad Yani. 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Sahirul Hakim

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KAPUAS HULU - Ketua KPU Kabupaten Kapuas Hulu Ahmad Yani menyatakan, memasuki hari ke enam belum ada partai politik yang mendaftar caleg pemiu tahun 2019 secara lengkap ke KPU Kapuas Hulu.

"Syarat pendaftaran Caleg cukup banyak, diantaranya adalah surat keterangan sehat jasmani, rohani dan bebas dari narkotika. Jadi surat keterangan sehat rohani ini mencakup juga tentang keterangan kejiwaan dari rumah sakit," ujarnya kepada wartawan, Selasa (10/7/2018).

Baca: KPU Kalbar: Belum Ada Parpol yang Daftarkan Bacalegnya

Yani menjelaskan, ada beberapa rumah sakit yang dirilis Kementerian Kesehatan untuk memberikan surat keterangan kesehatan rohani atau kejiwaan itu. "Kalau di Kalbar yaitu rumah sakit jiwa sungai Bangkong dan di Kota Singkawang," ucapnya.

Sedangkan untuk surat keterangan bebas narkotika, dan jasmani, ditunjuk rumah sakit daerah Singkawang, Sintang, Ketapang dan Sanggau. Kalau di Kapuas Hulu sudah dikoordanasi ke RSUD Achmad Diponegoro, rumah sakit tersebut cuma bisa mengeluarkan suket jasmani dan bebas narkoba.

"Kami bisa terima surat keterangan dari RSUD Achmad Diponegoro, asalkan ada lampiran lengkap dengan hasil pemeriksaan, bukan sekedar selembar surat saja," ujarnya.

Kemudian persyaratan lainnya adalah, pengisian data melalui Sistem Informasi Pencalonan (Silon). Semua caleg harus masuk silon, masing-masing parpol juga sudah ada admin yang mengurus itu.

"Hal terpenting terkait Silon ini dokumen yang diupload harus sama dengan berkas yang sampaikan ke KPU. Data ini tetap akan diverifikasi KPU," ungkapnya.

Penulis: Sahirul Hakim
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help