Anggota Barisan Pemuda Nusantara Desak Pengesahan RUU Masyarakat Adat

Hal tersebut diantaranya, disebabkan situasi lembaga-lembaga yang mengalami tumpang tindih di dalam kawasan hutan lindung.

Anggota Barisan Pemuda Nusantara Desak Pengesahan RUU Masyarakat Adat
TRIBUNFILE/ISTIMEWA
Anggota Barisan Pemuda Adat Nusantara Kalimantan Barat Xaverius Govin saat mengikuti Diskusi Publik mengenai Korupsi Sumber Daya Alam Ditahun Politik, yang digelar di Gedung Merah Putih Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Kuningan, Jakarta Selatan pada Kamis 31 Mei 2018. 

Citizen Reporter

Sekretaris 1 BPAN Kalbar

David Ryu

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Bella

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Sumber Daya Alam (SDA) pada hakikatnya merupakan anugerah yang diberikan oleh sang pencipta, sebagai cikal bakal untuk membangun perabadan.

Namun pada masa modernisasi saat ini, pengolahan sumber daya alam lebih banyak dikelola dengan cara-cara yang tidak memperhatikan kelestarian serta keberlangsungan hidup masyarakat yang
menggantungkan hidupnya pada alam.

Hingga akhir 2018 ini, Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) mencatat jumlah konflik yang ada pada wilayah masyarakat adat mencapai 262 konflik yang berkaitan dengan sektor perkebunan, pertambangan, bahkan dengan proyek-proyek pembangunan PLTA.

Baca: H-7, KPU Kubu Raya Akan Distribusikan Logistik ke Tingkat PPK

Hal tersebut diantaranya, disebabkan situasi lembaga-lembaga yang mengalami tumpang tindih di dalam kawasan hutan lindung.

Berkaitan dengan pelaksanaan Pilkada, penerbitan surat izin dan hak terkait sumber daya alam perusahaan kian marak, dimana Korupsi Sumber Daya Alam menjadi trend yang kerap kali timbul menjelang pilkada sebagai sumber pendanaan suksesi pemilu.

Anggota Barisan Pemuda Adat Nusantara Kalimantan Barat Xaverius Govin mengatakan bahwa Korupsi Sumber Daya Alam sangat berdampak serius terhadap masyarakat khususnya Masyarakat Adat, karena mereka hidupnya kepada alam.

Halaman
12
Penulis: Bella
Editor: madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help