Citizen Reporter

Cara Siswa SMA Santo Paulus Pontianak Implementasikan Pancasila

Tidak hanya Hendrick, ada juga siswa SMA Santo Paulus yang bernama Trivonia Paula, mengungkapkan rasa bangganya terhadap Pancasila.

Cara Siswa SMA Santo Paulus Pontianak Implementasikan Pancasila
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ ISTIMEWA
Christian Pinnion, Pelajar di SMA Santo Paulus Pontianak. 

Citizen Reporter

Christian Pinnion

Pelajar di SMA Santo Paulus Pontianak

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SINGKAWANG - Tanggal 1 Juni sudah ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo sebagai Hari Lahir Pancasila.

Penetapan tersebut tentunya dapat menjadi momentum refleksi bagi seluruh elemen masyarakat Indonesia untuk terus merawat dan mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, minimal di lingkungan sekitar tempat tinggal.

Baca: Komunitas 1000 Guru Adalah Keluarga Bagi Anak-anak Pedalaman

Siswa sebagai salah satu elemen masyarakat sekaligus bibit emas penerus bangsa juga harus paham dan mengimplementasikan Pancasila, paling tidak di lingkungan sekolah.

Baca: Curah Hujan Meningkat, Polisi, Camat, dan BPBD Cek Kawasan Rawan Banjir

Hendrick Jorgensen, salah satu siswa dari SMA Santo Paulus Pontianak misalnya, mengutarakan bahwa ia selalu berusaha untuk mewujudnyatakan nilai – nilai Pancasila dalam kehidupannya.

“Dalam berelasi, saya tidak membeda – bedakan teman-teman saya. Saya percaya bahwa perbedaan bukanlah menjadi penghalang untuk menjalin pertemanan. Perbedaan justru adalah sarana untuk saling menguatkan," jelas pemuda yang duduk di bangku kelas sepuluh tersebut.

Tidak hanya Hendrick, ada juga siswa SMA Santo Paulus yang bernama Trivonia Paula, mengungkapkan rasa bangganya terhadap Pancasila.

Ia pun mengatakan, sebagai bentuk nyata dari rasa bangganya, ia tidak mau hanya sekedar menghafal sila-sila dalam Pancasila, tetapi juga berusaha mengimplementasikannya dalam kehidupan.

Halaman
12
Penulis: Ridhoino Kristo Sebastianus Melano
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved