Seru! Lomba Anyam Manik PGD ke-33, Angkat Tema Motif Surat Bararan Lolo Pauh

Lomba menganyam manik dalam Pekan Gawai Dayak ke-33 mengangkat tema mengenai Motif Surat Bararan Lolo Pauh dari Kapuas Hulu.

Seru! Lomba Anyam Manik PGD ke-33, Angkat Tema Motif Surat Bararan Lolo Pauh
TRIBUPONTIANAK.CO.ID/BELLA
Peserta lomba menganyam manik di Pekan Gawai Dayak ke-33 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Bella

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Lomba menganyam manik dalam Pekan Gawai Dayak ke-33 mengangkat tema mengenai Motif Surat Bararan Lolo Pauh dari Kapuas Hulu.

Kordinato Lomba Menganyam Manik Lilis Suryani Ojen menjelaskan, motif tersebut merupakan motif khas Kalimantan Barat yang melambangkan keselarasan hidup masyarakat Kalimantan Barat.

"Motif ini melambangkan kesuburan dan persaudaraan karena bentuk nya saling kait mengait yang menggambarkan hubungan persaudaraan masyarakat Kalimantan Barat, " tuturnya saat ditemui di lokasi lomba di Rumah Radakng Pontianak pada Selasa (22/05/2018).

Baca: Hari Ini Kapolda Kalbar Kunker ke Kapuas Hulu dengan Sejumlah Kegiatan

Ada lima orang peserta yang turut mengikuti lomba menganyam manik yang diselenggarakan selama dua hari sampai Rabu 23 Mei itu, mereka berasal dari Sanggar Sari Budaya dan Sanggar Kali Bara.

Lilis mengaku bahwa peminat lomba menganyam manik memang sedikit, hal itu menurutnya karena kurangnya jumlah pengrajin manik di Kalimantan Barat.

"Karena pengrajin di Kalimantan Barat itu memang masih kurang, anak muda Kalbar ini tidak mau belajar karena menganyam manik memang sulit, harus tekun, ulet, tahan duduk dan mau berkonsentrasi penuh, " terangnya.

Selain itu, Lilis juga menilai bahwa kurangnya perhatian pemerintah terhadap para pengrajin manik menjadi faktor lain yang membuat perkembangan menganyam manik di Kalimantan Barat belum seberkembang seperti wilayah lain misalnya di Kalimantan Timur.

" Harga anyaman manik Kalimantan Barat ini mahal, lebih mahal dari daerah lain, sehingga peminatnya juga kurang. Mungkin pemerintah perlu mendorong masyarakat misalnya dengan membentuk koperas atau semacamnya," harapnya.

Penulis: Bella
Editor: madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help