Home »

Video

Berita Video

Petani Desa Sijang Gelar Aksi Damai, Seperti Ini Respon Bupati Sambas

Atbah menegaskan, ia memahami bahwa ketika berbicara tentang hak, tentu tidak bisa hanya berbicara kita sendiri

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Tito Ramadhani

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SAMBAS - Bupati Sambas, Atbah Romin Suhaili menyambut kedatangan seratusan petani Desa Sijang, yang menggelar aksi damai, di depan aula utama Kantor Bupati Sambas, Senin (16/4/2018).

"Ini adalah silaturrahim yang luar biasa, rakyat dengan pemimpinnya, masyarakat dengan bupatinya. Saya sangat senang dan bahagia, bapak ibu telah datang dengan cara yang baik-baik, datang ke sini pada situasi yang sangat baik. Semoga Allah SWT mempermudah urusan kita semua," ujarnya kepada para petani.

Baca: Puluhan Personel Kepolisian Kawal Aksi Damai Petani Sijang

Atbah menegaskan, ia memahami bahwa ketika berbicara tentang hak, tentu tidak bisa hanya berbicara kita sendiri, namun juga perlu berbicara tentang hak orang lain.

Atbah kemudian meminta perwakilan petani melakukan dialog langsung bersamanya di dalam aula utama Kantor Bupati Sambas.

Baca: Tuntut Haknya, Petani Desa Sijang Gelar Aksi Damai di Kantor Bupati Sambas

Sebanyak 14 perwakilan petani, kemudian melakukan dialog dengan Bupati Atbah.

Aparat kepolisian dan Satpol PP Sambas tampak memberikan pengamanan, baik di luar aula maupun di dalam aula, saat dialog berlangsung.

Sebelumnya diberitakan, seratusan petani Desa Sijang menggelar aksi damai saat mendatangi Kantor Bupati Sambas, Senin (16/4/2018).

Petani dari kelompok tani Sekapur Sirih ini, datang dengan menggunakan dua truk dan beberapa sepeda motor.

Para petani hendak bertemu dengan Bupati Sambas, Atbah Romin Suhaili, dengan maksud untuk menyampaikan tuntutan pengembalian lahan pertanian kebun kelapa sawit mereka.

Dalam aksi damai ini, para petani turut membawa dua sepanduk, yang bertulisan, "Bapak Bupati Sambas, H Atbah Romin Suhaili Lc tolong kembalikan tanah kami yang dirampas oleh perusahaan perkebunan sawit PT KMP dan usir perusahaan yang nakal, yang menindas rakyat, yang merampas hak rakyat dari Kabupaten Sambas,".

Tampak personel kepolisian dari Polsek Galing, Polsek Sambas dan Polres Sambas, serta personel Satpol PP Sambas memberikan pengamanan terhadap aksi damai ini.

Simak cuplikan suasananya dalam video di atas.

Penulis: Tito Ramadhani
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help