Pertamina EP Asset 5 Bunyu Field Gelar Bunyu Environmental Youth Gathering

Dalam rangka memeringati Hari Bumi yang jatuh pada tanggal 22 April 2018 mendatang

Pertamina EP Asset 5 Bunyu Field Gelar Bunyu Environmental Youth Gathering
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA
Foto Bersama dengan Peserta Bunyu Environmental Youth Gathering 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Listya Sekar Siwi

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Dalam rangka memeringati Hari Bumi yang jatuh pada tanggal 22 April 2018 mendatang PT. Pertamina EP Asset 5 Bunyu Field mengadakan Bunyu Environmental Youth Gathering. Kegiatan ini bertempat di Kawasan Perlindungan Pantai Berhutan Bakau Pulau Bunyu Kalimantan Utara, Sabtu (14/4/2018).

tribunpontianak.co.id, Environment Staff PT. Pertamina EP Asset 5 Bunyu Field, Grahito Abhinowo menjelaskan bahwa Bunyu Environmental Youth Gathering bertujuan agar para pelajar lebih mengenal keanekaragaman hayati di habitat aslinya serta berdiskusi tentang pelestarian dan permasalahan lingkungan yang ada di Pulau Bunyu.

Baca: Beri Bantuan Kapal Kemanusiaan di Pontianak, Ini Kata Donatur AMCF Uni Emirat Arab

“Kedepannya, kegiatan seperti ini diharapkan mampu meningkatkan kesadaran dan kepedulian untuk menjaga bumi yang kita tempati khususnya Pulau Bunyu” tandas Abhi.

Rangkaian kegiatan Bunyu Environmental Youth Gathering meliputi penelitian dan eksplorasi, edukasi dan peluncuran infografis keanekaragaman hayati di Pulau Bunyu.

Pada kesempatan yang sama, Community Development Officer PT. Pertamina EP Asset 5 Bunyu Field, Gusti Wicaksono menjelaskan bahwa infografis keanekaragaman hayati di Pulau Bunyu merupakan hasil penelitian dan eksplorasi keanekaragaman hayati yang terdapat di seluruh kawasan Pulau Bunyu.

Baca: Live Facebook Berakhir Mengerikan, Wanita Ini Tewas Ditembak Mantan Pacar

“Penelitian tersebut dilakukan secara berkala yang bertujuan untuk mendata berbagai jenis satwa dan tumbuhan yang unik serta dilindungi seperti bekantan, kantung semar dan burung migran. Penelitian ini dilakukan berkat kerja sama antara PT. Pertamina EP Asset 5 Bunyu Field dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Nasional” ujar Gusti.

KepalaDesa Bunyu Selatan, Pulau Bunyu, Kalimantan Utara Alias Renta menyampaikan bahwa Bunyu Environmental Youth Gathering merupakan kegiatan menarik karena selain mengenalkan keanekaragaman hayati asli yang terdapat di Pulau Bunyu, kegiatan ini juga bermanfaat untuk melihat potensi Kawasan Perlindungan Pantai Berhutan Bakau baik sebagai sarana edukasi ataupun ekowisata.

“Dari hasil kegiatan tersebut didapat data dan informasi tentang keanekaragaman hayati di kawasan Perlindungan Pantai Berhutan Bakau, kedepannya data tersebut akan digunakan sebagai bahan informasi kawasan dan dijadikan sebagai dasar pengelolaan Kawasan Perlindungan Pantai Berhutan Bakau di Pulau Bunyu” tutup Alias.

Penulis: Listya Sekar Siwi
Editor: listya sekar siwi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved