Profile

Belajar Adat dan Budaya di Ajang Bujang Dare Pontianak

Kontes pencarian duta wisata Kota Pontianak itu telah menghantar Afifah untuk terpilih sebagai runner up 1 Dare Pontianak 2017.

Belajar Adat dan Budaya di Ajang Bujang Dare Pontianak
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA
Afifah Salwa Rasya, Runner up 1 Dare Pontianak 2017 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Bella

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Ingin mengembangkan dan mempelajari lebih dalam adat dan budaya yang ada di Kota Pontianak, serta mengisi kegiatan dengan hal-hal yang positif menjadi motivasi Afifah Salwa Rasya, untuk mengikuti ajang Bujang Dare Pontianak 2017.

Kontes pencarian duta wisata Kota Pontianak itu telah menghantar Afifah untuk terpilih sebagai runner up 1 Dare Pontianak 2017.

"Adat istiadat dan budaya di Kota Pontianak itu banyak, khususnya suku Melayu, karena bujang dare identik dengan suku Melayu. Mulai dari tradisi meriam karbit, tarian zapin, makan saprahan, kain tenun corak insang maupun festival arakan pengantin, kata gadis kelahiran 31 Mei 1999 itu.

Baca: Ikut Ajang Bujang Dare, Ini Lho Yang Dilakukan Beisca Azzahra

Menurut Afifah, Pontianak memiliki pariwisata yang tak kalah menarik dari daerah lainnya.

"Pontianak dikenal dengan garis Khatulistiwa, dimana Pontianak mempunyai Tugu Khatulistiwa, karena ada fenomena menarik yang dinamakan fenomena titik kulminasi. Fenomena yang terjadi dua kali setahun, pada 21-23 Maret dan September itu punya keunikan, dimana semua benda yang berada di atas garis ini tidak akan memiliki bayangan, " katanya menjelaskan.

Menurut gadis yang hobi membaca, travelling dan make up ini, peristiwa titik kulminasi merupakan daya tarik tersendiri bagi Kota Pontianak dan merupakn agenda tahunan bagi pemerintah.

Selain itu, perayaan titik kulminasi menurut Afifah juga sebagai wujud mempromosikan wisata daerah serta menarik wisatawan lokal maupun mancanegara.

"Makanya buat semuanya jangan lupa datang ke Tugu Khatulistiwa untuk menyaksikan fenomena tersebut pada 21-23 Maret dan September. Karena selain menyaksikan fenomena titik kulminasi, ada beberapa pertunjukan budaya Pontianak seperti teater dan tarian Melayu, " himbaunya.

Halaman
12
Penulis: Bella
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help