TribunPontianak/

Gelar 'Nyeser' Paolus Hadi Ajak Masyarakat Lestarikan Adat Budaya Yang Dimiliki

Masyarakat kedesaan Temiang Taba, antusias memadati tempat kegiatan acara pegelaran seni dan Budaya Nyeser

Gelar 'Nyeser' Paolus Hadi Ajak Masyarakat Lestarikan Adat Budaya Yang Dimiliki
TRIBUNFILE/ISTIMEWA
Masyarakat kedesaan Temiang Taba, antusias memadati tempat kegiatan acara pegelaran seni dan Budaya Nyeser 

Citizen Reporter

Staf Diskominfo Sanggau

Sukardi

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SANGGAU - Masyarakat kedesaan Temiang Taba, antusias memadati tempat kegiatan acara pegelaran seni dan Budaya Nyeser di dusun Manuk dan manuk Labong, Desa Temiang Taba kecamatan Balai, kabupaten Sanggau, sabtu (10/2/2018).

Ketua Panitia pelaksana, Mateus Yus mengatakan acara pegelaran seni dan budaya nyeser bagi masyarakat dusun Manuk dan manuk Labong ini selalu dilestarikan oleh masyarakat setiap tahunnya.

“Maka dari itu atas dasar hasil beraump bekudong masyarakat dua dusun yakni dusun Manuk dan Manuk Labong, sehingga terlaksanalah seni dan budaya nyeser yang diselenggarakan saat ini, ” katanya.

Baca: Ketua PHDI Kalbar Prihatin Tragedi Penyerangan di Gereja St Lidwina

Nyeser artinya buru antu (mengusir hantu) sangat dikagumi dan dikenal sebagai budaya lokal yang sangat unik, dimana pada tahun 2009 budaya nyeser pernah tampilkan di pantai Kuta Bali yang dikoordinator oleh Dinas Pariwisata saat itu, serta didampingi oleh camat Balai dan Bupati Sanggau sehingga sempat mengharum Kalimantan Barat pada umumnya dan khususnya kabupaten Sanggau.

Kades Temiang Taba Kiyang, mengatakan kita berkumpul bersama dalam rangka pelestarian adat budaya yang dilaksanakan setiap tahunnya bagi masyarakat sub suku dayak taba yang ada di wilayah kecamatan Balai.

Menyangkut hal itu, perlu di ketahui bersama bahwa pihak pemerintahan desa sangat menyambut baik terhadap kegiatan tersebut dan sekaligus mendukung pelestarian adat budaya lokal yang dilaksanakan oleh masyarakat setempat agar tetap terpelihara dengan baik hingga sampai ke anak cucu nantinya.

Halaman
123
Penulis: Hendri Chornelius
Editor: madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help