TribunPontianak/

Salut! Buka Cabang Klinik Asri di Melawi, Ini Yang Jadi Keinginan Dokter Asal Amerika Serikat Ini

Kawasan Bukit Raya Melawi juga disebutnya tak memiliki fasilitas kesehatan padahal ada sekitar 2000 warga yang tinggal dan menetap disana.

Salut! Buka Cabang Klinik Asri di Melawi, Ini Yang Jadi Keinginan Dokter Asal Amerika Serikat Ini
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ SYAHRONI
Pendiri Yayasan ASRI, dr. Kinari Eve Webb dan didampingi Direktur Eksekutif ASRI diwawancarai, Rabu (24/1/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Syahroni

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID,  KAYONG UTARA - Pendiri Yayasan ASRI, dr. Kinari Eve Webb menceritakan jika ia akan mengembangkan yayasan dan klinik mereka di Kabupaten Melawi.

Ia bercerita jika baru saja ia tiba minggu lalu dari Melawi untuk survey.

"Kami baru saja datang dari Melawi dan ada satu daerah yaitu Bukit Raya. Ada Taman nasional yang sangat besar dan banyak sekali logging disana, kita akan mengembangkan Klinik Asri disana dan Yayasan ASRI disana," ucap dr Kinari Eve Webb yang merupakan warga asal Amerika Serikat namun kecintaannya terhadap Indonesia sangat kental sehingga ia fasih berbahasa Indonesia, Rabu (24/1/2018).

Baca: Kisah Haru Dokter Dirikan Klinik Yang Dibayar Dengan Bibit Pohon

Dari hasil survey dr Kinari dan dr Monica R Nirmala hampir semua orang disana kerja kayu dari dua desa dan sembilan dusun.

Mereka sebetulnya menurut dr Kinari tak ingin mengerjakan itu, namun mereka kesulitan mencari pekerjaan dan tak memiliki skill lain.

Baca: Pasien Bayar Berobat di Klinik Dengan Bibit, Kok Bisa? Yuk Intip Sistem Barternya

Kawasan Bukit Raya Melawi juga disebutnya tak memiliki fasilitas kesehatan padahal ada sekitar 2000 warga yang tinggal dan menetap disana.

Tak adanya fasilitas kesehatan tersebut setidaknya setiap tahun ada 3-4 orang ibu meninggal ketika melahirkan.

"Disana tak ada fasilitas kesehatan, padahal ada 2000an orang dan dari data yang kita dapat setiap tahunnya ada 3-4 orang ibu meninggal saat melahirkan," ucapnya penuh prihatin.

Masyarakat setempat disebutnya sangat menerima kehadiran ASRI dilokasi mereka dan ASRI pun akan mengembangkan klinik keliling di Melawi walaupun tak selengkap seperti di Kayong Utara.

"Kami mau mencari bidan, dokter serta perawat yang mau menetap disana (Melawi), kalau kenal orang yang mau kerja dipedalaman dan bergabung bersama ASRI tolong kasi tau kami," pinta dr Kinari.

ASRI disebutnya ingin mengubah mindset masyarakat di Bukit Raya Melawi dari logging menjadi petani organik serta usaha lainnya.

"Secepatnya akan kita di mulai, kita ingin cepat dan semoga ada bidan dan tenaga kesehatan yang mau bergabung dengan ASRI dan ditempatkan di Melawi," pungkasnya.

Penulis: Syahroni
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help