TribunPontianak/

Intip Rute Internasional Yang Akan Hadir di Tahun 2018

Saat ini Jon mengatakan jumlah rute di Bandara Supadio juga meningkat dengan 55 keberangkat lan dan 55 pesawat kedatangan...

Intip Rute Internasional Yang Akan Hadir di Tahun 2018
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ MASKARTINI
Suasana terminal Bandara Internasional Supadio Pontianak pasca diresmikan oleh Presiden beberapa waktu lalu 

Laporan Wartawati Tribun Pontianak, Maskartini

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Pasca diresmikan oleh Presiden Jokowi 28 Desember lalu, Terminal Bandar Udara Internasional Supadio Pontianak, Kabupaten Kubu Raya kini beroperasi secara penuh.

General Manager PT Angkasa Pura II Cabang Bandara Supadio Pontianak Jon Mukhtar Rita memprediksi pada 2018 akan ada penambahan rute internasional diantaranya ke Singapore dengan Air Asia.

"Sebelumnya sudah ada rute internasional seperti ke Kuching. Prediksi kami 2018, akan ada penambahan rute internasional diantaranya ke Singapore dengan Air Asia. Selain itu juga sudah ada ke Kuching, nanti kedepan mungkin juga akan ke Kuala Lumpur dengan maskapai lokal," ujar Jon saat ditemui tribun pada Jumat (12/1/2018).

Baca: Wah, 2018 Bandara Internasional Supadio Pontianak Bakal Tambah Rute Internasional

Rute tersebut diakuinya akan melengkapi rute yang sudah dibuka seperti Kuching dan Miri.

Saat ini Jon mengatakan jumlah rute di Bandara Supadio juga meningkat dengan 55 keberangkat lan dan 55 pesawat kedatangan ditambah rute internasional.

Pasca beroperasinya terminal ultimate jumlah penumpang juga meningkat signifikan.

"Pada 2012 lalu kapasitas penumpangnya hanya 700 ribu pertahun. Saat ini kita mempunyai terminal dengan kapasitas 4 juta pertahun," ujar Jon.

Baca: Dorong Promosi Wisata, Pemkot Akan Bentuk Badan Promosi Pariwisata Pontianak

Setiap tahunnya masuk beberapa maskapai yang menerbangi rute di Kalbar maupun luar Kalbar. Namun, karena Kota Pontianak memiliki 8 kali peak seasion diakui Jon justru terjadi pertumbuhan penumpang di terminal Bandara Internasional Supadio Pontianak.

"Apalagi pergerakan pesawat saat ini sudah mencapai 120 pergerakan perhari. Pergerakan penumpang juga meningkat drastis pada moment tertentu bisa mencapai 15.000 penumpang perhari," ujar Jon pada Jumat.

Penulis: Maskartini
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help