TribunPontianak/

30 Nelayan Dilatih Gunakan Alat Tangkap Ikan Ramah Lingkungan

Kami mengimbau agar masyarakat nelayan dapat mematuhi aturan baru mengenai penangkapan ikan, agar sumber-sumber daya ikan kita dapat lestari.

30 Nelayan Dilatih Gunakan Alat Tangkap Ikan Ramah Lingkungan
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/TITO RAMADHANI
30 orang perwakilan Kelompok Nelayan dari berbagai daerah di Kalbar, mengikuti Pelatihan Uji Coba Penggunaan Alat Penangkap Ikan (API) Ramah Lingkungan di Balai Pertemuan Nelayan PPN Pemangkat pada Kamis (7/12/2017). 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Tito Ramadhani

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SAMBAS - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI melalui Dinas Kelautan Provinsi Kalbar bersama BBPPI Semarang, melaksanakan Pelatihan Uji Coba Penggunaan Alat Penangkap Ikan (API) Ramah Lingkungan yang telah di distribusikan kepada nelayan di Provinsi Kalbar, di Balai Pertemuan Nelayan PPN Pemangkat pada Kamis (7/12/2017).

Pelatihan Uji Coba API Ramah Lingkungan ini, dihadiri sebanyak 30 orang perwakilan Kelompok Nelayan dari berbagai daerah di Kalbar, yakni dari Kabupaten Sambas, Kota Singkawang, Kabupaten Mempawah, Kabupaten Kayong Utara serta Kabupaten Ketapang.

Kepala Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Pemangkat, Sarwono melalui Kasi Kesyahbandaran PPN Pemangkat, Satrio Wibowo mengungkapkan, pelatihan ini digelar untuk menindaklanjuti adanya Peraturan Menteri (Permen) Kelautan dan Perikanan dengan nomor Permen/KP/No/71/2016 tentang jalur penangkapan ikan, penempatan alat bantu dan alat bantu penangkapan ikan di Wilayah Pengelolaan Perikanan (WPP) RI.

"Kami mengimbau agar masyarakat nelayan dapat mematuhi aturan baru mengenai penangkapan ikan, agar sumber-sumber daya ikan kita dapat lestari," ungkapnya, Kamis (7/12/2017).

Satrio menambahkan, untuk penggantian alat tangkap, saat ini sudah selesai dilakukan verifikasi oleh KKP Pusat.

"Dan yang mendapat penggantian alat tangkap, hanya yang sesuai dengan persyaratan, salah satunya ukuran kapal di bawah 10 Gross Tons (GT), mempunyai dokumen kapal seperti Surat Izin Penangkapan Ikan (SIPI), Surat Izin Usaha Perikanan (SIUP), pas kecil, dan menyetujui penggantian alat tangkap dengan alat tangkap yang disiapkan oleh pusat," sambungnya.

Penulis: Tito Ramadhani
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help