TribunPontianak/

Hingga Saat Ini Belum Ada Parpol di Kapuas Hulu Daftar ke KPU

Lisma menuturkan, untuk pendaftaran partai ke KPU itu urusan di KPU pusat. Dimana pihaknya hanya menerima berkas dari parpol tingkat kabupaten.

Hingga Saat Ini Belum Ada Parpol di Kapuas Hulu Daftar ke KPU
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/SAHIRUL HAKIM
Ketua KPU Kapuas Hulu Lisma Roliza 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Sahirul Hakim

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KAPUAS HULU - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kapuas Hulu, Lisma Roliza menyatakan, sejauh ini belum ada satupun partai politik di Kapuas Hulu yang menyerahkan dokumen tentang verifikasi partai sebagai peserta pemilu 2019 ke KPU.

"Waktu bagi partai politik yang menyerahkan dokumen tersebut ke KPU hanya 4 hari lagi. Dimana tanggal 16 Oktober 2017 sudah kita tutup. Pada hal mulai pembukaannya sejak tanggal 3 Oktober 2017 kemarin. Jadi waktu yang sudah diberikan ke parpol selama 19 hari," ujar Lisma Roliza kepada wartawan, di Kantor KPU Kapuas Hulu, Kamis (12/10/2017).

Lisma menuturkan, untuk pendaftaran partai ke KPU itu urusan di KPU pusat. Dimana pihaknya hanya menerima berkas dari parpol tingkat kabupaten.

"Kita hanya menerima penyerahan dokumen ke KPU. Cukup mereka menyerahkan daftar keanggotaan Parpol, dilampirkan dengan Kartu Tanda Anggota (KTA), serta KTP Elektronik," jelasnya.

(Baca: Apel HUT Pemkot Singkawang ke-16 Akan Digelar di Kebun Sawit )

Dalam hal ini kata Lisma, pihaknya sebagai penyelengara pemilu sudah pernah mengundang semua ketua parpol, untuk memberikan sosialisasi ke semua Partai Politik di Kapuas Hulu. "Hari ini (Kamis) kita juga telah mengundang parpol kembali, dalam rangka pemantapan dokumen," ucapnya.

Lisma menjelaskan, pihaknya juga telah membuka posko di KPU bagi parpol yang ingin berkonsulidasi terkait syarat-syarat tersebut. "Jadi waktu parpol hanya 4 hari lagi, dimana tanggal 16 sudah selesai. Sementara hingga sekarang kami belum menerima dokumen yang benar dari parpol," ujarnya.

Menurutnya, setelah KPU menerima dokumen tersebut dari semua Parpol, barulah melakukan verifikasi administrasi, dan faktual. "Jadi ada kelanjut selanjutnya, bukan hanya menyerahkan dokumen saja," ungkapnya.

Penulis: Sahirul Hakim
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help