TribunPontianak/

Balap Liar Terekam CCTV, Ini Tindakan Kasat Lantas

Terkait keluhan warga terhadap aksi balap liar di Jalan Merdeka atau Komplek Pasar Lama Ketapang, Kapolres Ketapang

Balap Liar Terekam CCTV, Ini Tindakan Kasat Lantas
Net
Ilustrasi balap liar. 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Subandi

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KETAPANG – Terkait keluhan warga terhadap aksi balap liar di Jalan Merdeka atau Komplek Pasar Lama Ketapang, Kapolres Ketapang, AKBP Sunario melalui Kasat Lantas Polres Ketapang, AKP Rizal Satria mengaku sudah berupaya menertibkannya.

“Kita sudah melakukan upaya-upaya pencegahan terhadap aksi balap liar di sejumlah titik di Kota Ketapang ini. Kita sudah patroli rutin seperti di Jalan Merdeka dan R Suprapto untuk mencegah aksi balap liar,” kata Rizal kepada wartawan di Ketapang, Minggu (10/9/2017).

Patroli juga dilakukan ketika ada aksi balap liar terekam CCTV di Polres Ketapang yang dipasang di sejumlah sudut Kota Ketapang. “Jadi kita sudah sering merazia pelaku balap liar di jalanan Kota Ketapang ini,” ungkapnya.

(Baca: KPU Mempawah Tetapkan Jumlah Dukungan Calon Perseorangan )

Bahkan pihaknya sudah sering memberikan sanksi tilang terhadap pelaku yang kedapatan sedang balapan liar.

“Sudah banyak pebalap liar yang kita sanksi tilang. Hanya saat kita patroli mereka itu kucing-kucingan langsung lari menghilang,” ucapnya.

Pihaknya juga tidak mau ada aksi balap liar di Kota Ketapang. Lantaran bisa menyebabkan kecelakaan lalu lintas, baik pada pelaku maupun orang lain.

“Makanya jika kedapatan sanksinya langsung kita tilang, tidak ada teguran-teguran lagi,” tegasnya.

(Baca: Warga Resah Aksi Balap Liar di Ketapang )

Ia menambahkan terhadap remaja yang kedapatan melakukan aksi balap liar, pihaknya juga menghubungi orang tuanya agar bisa mengingatkan anaknya itu.

“Agar orang tua mengetahui apa yang dilakukan anaknya dan lebih mengawasinya,” tuturnya.

“Peran orang tua sangat penting untuk mencegah aksi balap liar ini. Jadi kita imbau orang tua agar mengawasi dan menasehati anak-anaknya agar tidak balapan liar. Jika anaknya belum memiliki SIM maka jangan diberi izin mengendarai motor sendiri,” katanya.

Penulis: Subandi
Editor: nasaruddin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help