TribunPontianak/

Begini Prosedur Pengajuan Pembiayaan DP dan Renovasi Rumah Bagi Peserta BPJS Ketenagakerjaan

Sosialisasi juga sekaligus menginformasikan fasilitas pembiayaan uang muka perumahan yang bisa dimanfaatkan peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Begini Prosedur Pengajuan Pembiayaan DP dan Renovasi Rumah Bagi Peserta BPJS Ketenagakerjaan
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/MASKARTINI
Staff Bidang Pemasaran BPJS Ketenagakerjaan, Yusuf Pertahian Sihombing 

Laporan Wartawati Tribun Pontianak, Maskartini

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Badan Pelaksana Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan menggelar sosialisasi Kepatuhan Pelaksanaan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Penuju Peningkatan Perlindungan Bagi Seluruh Pekerja di Kalbar.

Sosialisasi juga sekaligus menginformasikan fasilitas pembiayaan uang muka perumahan yang bisa dimanfaatkan peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Staff Bidang Pemasaran BPJS Ketenagakerjaan, Yusuf Pertahian Sihombing mengatakan program KPR BPJS Ketenagakerjaan yang bekerjasama dengan Bank BTN menawarkan bunga yang sangat terjangkau.

"Bunganya kecil BI reporate 4,75 persen ditambah bunga BPJS Ketenagakerjaan sebesar 3 persen dengan total 7,75 persen saja bunganya dan dapat diangsur selama 20 tahun," ujar Yusuf saat Sosialisasi yang diikuti oleh sekitar 150 perusahaan yang ada di Kota Pontianak digelar di Hotel Mercure Pontianak, pada Selasa (16/5/2017).

Persyaratan pemberian KPR dan PUMP bagi MBR diatur sesuai dengan ketentuan yang berlaku dari pemerintah, dengan maksimal pembiayaan KPR dan PUMP sampai dengan 99 persen dari harga rumah yang sesuai dengan ketentuan pemerintah.

Sementara bagi pekerja pada kategori non-MBR, pemberian KPR maksimal sebesar 95 persen dengan harga rumah maksimal sebesar 500 juta rupiah.

Baca: Peserta BPJS Ketenagakerjaan Bisa Dapat Bantuan Pembiayaan Uang Muka Bunga Ringan

PUMP tidak diperkenankan bagi pekerja pada kategori ini sesuai dengan Peraturan Bank Indonesia (PBI) Nomor 17/10/PBI/2015. Untuk jenis PRP yang diperuntukkan untuk merenovasi rumah pekerja, besaran dana pinjaman maksimal yang dapat diberikan adalah sebesar 50 juta rupiah. Dan terakhir untuk pembiayaan kredit konstruksi khusus diperuntukkan bagi developer perumahan yang membangun rumah tapak ataupun rumah susun bagi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Patokan besaran bunga pembiayaan rumah dan KPR ini merujuk pada Rate Bank Indonesia Reverse Repo (BI RR), dengan rincian sebagai berikut. Jenis pinjaman KPR subsidi bagi MBR adalah salah satunya yaitu dengan bunga sebesar 5 persen. Dan untuk jenis pinjaman non-MBR, bunga sebesar BI RR + 3 persen selama jangka waktu 20 tahun.

Halaman
12
Penulis: Maskartini
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help