Komitmen Cegah Karhutla, Sinarmas Hadirkan Desa Siaga Api

Terkait ini, orang nomor satu di Kalbar ini pun sudah membuat surat edaran kepada pihak terkait.

Komitmen Cegah Karhutla, Sinarmas Hadirkan Desa Siaga Api
TRIBUN PONTIANAK/STEVEN GREATNESS
Ilustrasi 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Terkait imbauan Gubernur Kalbar, Cornelis, yang berharap kepada semua pihak dapat bersinergi, dalam pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (karhutla), khususnya kepada perusahaan perkebunan, CEO Perkebunan Sinarmas, Susanto mengaku pihaknya telah melakukan banyak hal terkait ini.

Satu di antaranya dengan mengeluarkan Program Desa Siaga Api sejak awal tahun 2016.

"Kami sudah secara maksimal melakukan berbagai upaya pencegahan Karhutla yaitu melalui program desa siaga api yang dicanangkan bulan maret 2016 lalu oleh bapak Gubernur Kalbar," ungkapnya kepada Tribun, Senin (15/8/2016).

Dilanjutkannya pihak manajemen telah memberikan dorongan dan perhatian khusus untuk mempersiapkan semua infrastruktur yang diperlukan serta mengajak partisipasi aktif masyarakat untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan dengan sosialisasi khususnya ke siswa sekolah dari SD sampai SMA, masyarakat desa hingga ke ibu-ibu rumah tangga.

"Terima kasih dan penghargaan setinggi-tinggi kami ucapkan kepada Bapak Gubernur, Kapolda, Pagdam XII Tanjungpura dan semua instansi pemerintah terkait atas arahan dan dukungan dan bantuan dalam kami mempersiapkan semua langkah dalam mencegah karhutla, semoga kejadian kebakaran pada tahun ini bisa diminimaslisir dan lebih terkendali," katanya.

Sebelumnya dalam kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) Terpadu Lintas Sektoral Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Kebun di Aula Mapolda Kalbar, Senin (15/8/2016), Cornelis mengharapkan perusahaan sawit agar bisa membuat embung atau kanal yang berguna untuk menampung air.

Terkait ini, orang nomor satu di Kalbar ini pun sudah membuat surat edaran kepada pihak terkait.

Cornelis juga berharapa kepada pihak terkait, pemerintah Kabupaten/Kota bisa proaktif dalam mendukung pencegahan karhutla di Kalbar. Sebab selama ini yang berperan aktif justru dari pihak kepolisian dan TNI.

Penulis: Nina Soraya
Editor: Mirna Tribun
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved