Panitia Tahbisan Uskup Keuskupan Sanggau Dibubarkan

"Artinya semua rencana dan usaha yang telah kita susun melalui rapat-rapat, diskusi dan hal lainnya berjalan sesuai dengan mekanisme dan kesepakatan y

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/HENDRI CHORNELIUS
Ketua panitia pentahbisan Uskup Keuskupan Sanggau terpilih yang juga Wakil Bupati Sanggau, Yohanes Ontot saat foto bersama para pastor dan panitia pentahbisan Uskup Keuskupan Sanggau di Mega Tenda, Kompleks Keuskupan Sanggau, Kalimantan Barat, Selasa 24 Januari 2023 malam. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SANGGAU - Panitia pentahbisan Uskup Keuskupan Sanggau terpilih resmi dibuburkan. Kegiatan pembubaran panitia berlangsung di Mega Tenda, Kompleks Keuskupan Sanggau, Kalimantan Barat, Selasa 24 Januari 2023 malam. Seperti diketahui, rangkaian kegiatan tahbisan Uskup Keuskupan Sanggau terpilih dilaksanakan tanggal 10 sampai 11 November 2022.

Ketua panitia pentahbisan Uskup Keuskupan Sanggau terpilih yang juga Wakil Bupati Sanggau, Yohanes Ontot mengatakan bahwa kegiatan ini bukan hanya sekedar pembubaran panitia tahbisan Uskup Keuskupan Sanggau, namun juga sebagai bentuk pertanggungjawaban atas kegiatan yang telah dilaksanakan dan sukseskan secara bersama.

"Dan tentu menjadi sebuah catatan sejarah bagi gereja dan bagi pribadi kita sebagai umat katolik keuskupan Sanggau,"katanya.

Menurut catatan dan informasi yang didapatkan dari umat yang hadir maupun yang menyaksikan melalui live streaming, dirasakan begitu meriah dan sangat sukses.

"Artinya semua rencana dan usaha yang telah kita susun melalui rapat-rapat, diskusi dan hal lainnya berjalan sesuai dengan mekanisme dan kesepakatan yang telah diputuskan. Hal ini sangat luar biasa," jelasnya.

Bhabinkamtibmas Polsek Marau BRIPKA Sardi Sampaikan Pesan Kamtibmas saat Ngopi Bersama Warga

Perbedaan pendapat dan keinginan memang selalu ada, namun demi kesuksesan, kami lihat tidak terjadi dan konflik kepentingan juga selama kegiatan tahbisan juga tidak terjadi.

"Malahan seluruh panitia memberikan seluruh waktu, tenaga, usaha dan dana untuk mensukseskan kegiatan ini. Untuk itu atas nama seluruh panitia kami ucapkan terima kasih," jelasnya.

Dikatakannya, Uskup Keuskupan Sanggau terpilih, Mgr Valentinus Saeng CP ditahbiskan oleh Duta Besar Vatikan untuk Indonesia Mgr Piero Pioppo, dengan jumlah Uskup yang hadir sebanyak 36 Uskup.

"Dan ini menjadi catatan sejarah kehadiran Uskup terbanyak pada kegiatan tahbisan Uskup di Indonesia. Jumlah undangan yang disebarkan sebanyak 2000 buah, umat yang hadir langsung pada misa tahbisan diperkirakan sekitar 10 ribu orang dan yang menyaksikan secara live streaming sebanyak 38.173 (tayangan)," tuturnya.

Kemudian, jumlah panitia yang terlibat sebanyak 422 orang (sesuai SK dan volunter) didukung oleh 600 petugas keamanan dari TNI/Polri, Ormas dan 200 orang petugas koor dan liturgi.

"Acara tahbisan yang telah kita lakukan juga boleh dikatakan sebagai kegiatan yang paling rapi dan sistematis dan terorganisir dengan baik, sehingga terlaksana dengan sangat paripurna," katanya.

Atas nama panitia dan seluruh umat Keuskupan Sanggau mengucapkan selamat berkarya kepada Mgr Valentinus Saeng CP sebagai Uskup baru Keuskupan Sanggau dan semoga dapat membawa Keuskupan yang semakin maju dan didukung dengan partisipasi dan kolaborasi dengan umat.

Untuk seluruh panitia, atas nama ketua panitia juga kami ucapkan banyak terima kasih atas dukungan dan kerja keras, mulai dari persiapan sampai dengan pelaksanaan kegiatan tahbisan.

Terima kasih juga kepada Pemkab Sanggau dan Sekadau atas dukungan anggaran dan sarana untuk kegiatan tahbisan ini. Terima kasih juga kepada semua yang terlibat untuk mensukseskan kegiatan tahbisan Uskup Keuskupan Sanggau," pungkasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel Mudah Diakses di Google News

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved