Imlek dan Cap Go Meh

Cap Go Meh di Landak, Puluhan Tatung Siap Meramaikan

"Untuk Cap Go Meh tahun ini persiapan tandu ada 8 unit, tangga 1 unit, 2 prasparang, tempat kaca, ada 42 tatung, tapo ada 40 an dan pengikutnya ada se

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/MARPINA SINDIKA WULANDARI
Amin, sebagai salah satu penanggung jawab kegiatan Cap Go Meh di Kabupaten Landak. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, LANDAK - Persiapan Cap Go Meh di Kabupaten Landak, Provinsi Kalimantan Barat. Panitia ungkap persiapan sudah 50 persen, Rabu 25 Januari 2023.

Perayaan Cap Go Meh tahun 2023 di Kabupaten Landak rencananya akan dipusatkan di Kecamatan Ngabang pada tanggal 5 Februari 2023.

Amin, sebagai salah satu penanggung jawab kegiatan Cap Go Meh di Kabupaten Landak mengatakan, sejumlah persiapan sudah dilakukan. Mulai dari kebutuhan tandu, tangga, hingga Tatung yang akan memeriahkan kegiatan tersebut.

"Untuk Cap Go Meh tahun ini persiapan tandu ada 8 unit, tangga 1 unit, 2 prasparang, tempat kaca, ada 42 tatung, tapo ada 40 an dan pengikutnya ada sekitar 100 lebih. Sekarang persiapan sudah 50 persen, " jelas Amin.

Cegah Terjadi Sengketa Lahan, BPN Landak Gemakan GEMAPATAS di 4 Titik Pelaksanaan Ini

Adapun rangkaian kegiatannya yakni cuci jalan dari simpang Armed ke jalur 2 Ngabang, terminal, kemudian ke pasar tengah dan keluar ke Bali Motor lalu kembali ke Klenteng.

Dikatakan Amin, perayaan Cap Go Meh memang sudah dilaksanakan sejak beberapa tahun terakhir sama halnya seperti di Kota Singkawang.

Tujuan kegiatan tersebut selain melestarikan budaya, juga diyakini agar wilayah dan orang-orang yang melaksanakannya sehat, makmur dan bersih.

Amin, juga mempersilahkan masyarakat dari sub suku lainnya untuk berpartisipasi memeriahkan kegiatan tersebut.

"Kalau suku lain mau ikut bisa, cuma di wilayah belum ada anggaran. Rata-rata dana masing-masing. Memang ada anggaran tapi belum mencukupi, tapi kita upayakan untuk pelaksanaan adatnya. Acaranya tanggal 5 Februari mulai jam 8 sampai selesai, " pungkasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel Mudah Diakses di Google News

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved