222 Usulan Masyarakat di Kelurahan se-Kecamatan Pontianak Timur Terbagi Menjadi 3 Bidang

"Selain bidang infrastruktur yang juga sangat penting. Tetapi bidang ekonomi dan sosial budaya juga harus menjadi perhatian, karena bidang ekonomi dan

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/PROKOPIM PONTIANAK
Camat Pontianak Timur M Akif membuka Musrenbang Kelurahan Saigon di Aula Kantor Lurah Saigon Kecamatan Pontianak Timur, Rabu 25 Januari 2023. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tahun 2024 Kelurahan di Kecamatan Pontianak Timur (Pontim) telah selesai digelar dan Kelurahan Saigon menjadi penutup rangkaian Musrenbang tingkat kelurahan di Kecamatan Pontianak Timur itu.

Pada agenda Musrenbang tahun 2024 ini, terdapat 222 usulan masyarakat di kelurahan se-Kecamatan Pontianak Timur yang disampaikan.

Dari sekian banyaknya usulan tersebut, kemudian terbagi menjadi tiga bidang, mulai dari bidang infrastruktur, ekonomi dan sosial budaya.

"Selain bidang infrastruktur yang juga sangat penting. Tetapi bidang ekonomi dan sosial budaya juga harus menjadi perhatian, karena bidang ekonomi dan sosial budaya mampu meningkatkan sumber daya manusia (SDM) dan memberdayakan masyarakat," ujar Camat Pontianak Timur M Akif mengajak untuk ikut memperhatikan setelah membuka Musrenbang di Aula Kantor Lurah Saigon, Rabu 25 Januari 2023.

Walaupun fasilitas pendidikan seperti sekolah-sekolah dan fasilitas kesehatan lainnya dinilai sudah terakomodir, namun menurut dia, bidang SDM juga akan berpengaruh terhadap kualitas pendidikan dan kesehatan masyarakat.

Bahkan tidak hanya itu, dirinya juga mengajak untuk bersama-sama dalam upaya penurunan angka stunting.

Dibutuhkan Hingga 150 Kantong Per Hari, Wali Kota Pontianak Edi Kamtono Ajak Warga Rutin Donor Darah

Jika dilakukan secara bersama-sama dengan semangat dan tekad masyarakat lanjut Akif, maka angka stunting bisa ditekan. Hal tersebut ia sampaikan bukan tanpa alasan.

Pasalnya, atas langkah yang dilakukan itu, hasil dari evaluasi stunting di wilayah kecamatan Pontianak Timur terjadi penurunan.

"Aparatur di Pontianak Timur punya inovasi namanya ASN Sejati khusus menangani stunting. Di situ, setiap Senin kami urunan dan disalurkan untuk saudara kita yang teridentifikasi stunting," jelasnya.

Bahkan berkat upaya yang dilakukan untuk di Kelurahan Saigon pada akhir tahun 2022 kemarin telah menerima Dana Intensif Daerah (DID) khusus membenahi drainase di Jalan Padat Karya.

Kemudian informasi yang didapat, bahwa Kelurahan Saigon juga akan menerima suntikan anggaran dari Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak hingga pemerintah pusat.

"Artinya, bahwa pencapaian pembangunan tahun lalu juga sudah baik di Kelurahan Saigon. Maka kita harap hasil pembangunan yang sudah ada bisa dipelihara dengan baik. Kemudian untuk salurannya atau drainasenya sudah bersih, maka harus dirawat bersama, jangan sampai dikotori lagi," tukasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel Mudah Diakses di Google News

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved