Perumda Tirta Khatulistiwa Raih Peringkat 10 Kinerja Terbaik Nasional

Hal itu berdasarkan Buku Kinerja BUMD Air Minum Tahun 2022 Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Dirjen Cipta Karya Direktorat Air Minum.

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Istimewa
Direktur Utama Perumda Tirta Khatulistiwa Ardiansyah, Sabtu 27 Februari 2021. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Perumda Air Minum Tirta Khatulistiwa pada tahun 2022 menorehkan pencapaian kinerja terbaik ke-10 dari 389 BUMD air minum dengan kategori BUMD jumlah pelanggan di atas 100.000.

Hal itu berdasarkan Buku Kinerja BUMD Air Minum Tahun 2022 Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Dirjen Cipta Karya Direktorat Air Minum.

Direktur Utama Perumda Air Minum Tirta Khatulistiwa, Ardiansyah mengatakan berdasarkan penilaian dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR), Perumda Air Minum Tirta Khatulistiwa mendapatkan penilaian kinerja yang sangat baik. 

"Secara nasional dari 389 BUMD Air Minum, Perumdam Tirta Khatulistiwa mendapatkan peringkat ke-26 dengan nilai kinerja 3,72 dengan penilaian BUMD SEHAT dengan jumlah pelanggan sebanyak 142.119 pelanggan," ujarnya saat dikonfirmasi, Senin 23 Januari 2023.

Untuk kategori jumlah pelanggan yang melebihi 100.000 pelanggan, Perumda Air Minum Tirta Khatulistiwa bahkan memperoleh peringkat ke 10.

"Untuk kategori ini Perumda Air Minum Tirta Khatulistiwa bahkan memperoleh peringkat ke-10, sedangkan peringkat 1 diraih oleh Perumdam Tirta Kanjurahan Kabupaten Malang dengan nilai kinerja 4,72,” kata Ardiansyah.

Kalbar Populer Hari Ini, Kasus Pencabulan di Pontianak, Total Anggaran Pembangunan RSUD Soedarso

Pemerintah Kota Pontianak Diharapkan Terus Berikan Pembinaan Kepada Pedagang di Waterfront

Berdasarkan peringkat yang dikategorikan wilayah, di mana Kalimantan Barat masuk dalam kategori wilayah III (Pulau Kalimantan dan Sulawesi), Perumda Air Minum Tirta Khatulistiwa masuk dalam peringkat 3 BUMD dari 119 BUMD.

"Kategori pembagian wilayah yang mana Perumda Air Minum Tirta Khatulistiwa masuk dalam kelompok Wilayah III, dari 119 BUMD Air Minum, Perumda Air Minum Tirta Khatulistiwa meraih posisi ke-3, dengan posisi pertama di raih oleh Perumdam Tirta Apa' Mening Kabupaten Malinau Kalimantan Utara dengan nilai kinerja 3,87 dan posisi ke-2 diraih oleh PDAM Bandarmasih Kota Banjarmasin dengan nilai kinerja 3,80," ungkap Ardiansyah.

Ardiansyah mengatakan, manajemen sangat bersyukur atas kinerja Perumda Air Minum Tirta Khatulistiwa.

"Kinerja ini bukanlah kinerja Perumda Air Minum Tirta Khatulistiwa semata, dukungan semua pihak, karyawan, seluruh masyarakat Kota Pontianak, pelanggan sangat penting sehingga Perumda Air Minum Tirta Khatulistiwa dapat meraih kinerja ini," ujarnya.

Manajemen juga mengucapkan terima kasih atas dukungan serta bimbingan yang diberikan Wali Kota Pontianak selaku KPM, Ketua DPRD Kota Pontianak, Wakil Ketua, Komisi III serta Anggota DPRD Kota Pontianak, Sekretaris Daerah Kota Pontianak selaku Pembina, Dewan Pengawas, para stake holder, lembaga konsumen serta banyak pihak lainnya yang mendukung sehingga kinerja Perumda Air Minum Tirta Khatulistiwa terus membaik.

"Kami sadar masih banyak yang perlu kami benahi,dengan adanya capaian kinerja ini menjadi semangat tersendiri bagi kami untuk terus memberikan pelayanan yang lebih maksimal lagi ke depan kepada pelanggan dan bagi masyarakat Kota Pontianak," ucap Ardiansyah.

Berdasarkan buku kinerja BUMD Air Minum Tahun 2022, tujuan penyusunan buku kinerja tersebut sebagai gambaran kondisi kinerja BUMD Air Minum secara holistik kepada seluruh pemangku kepentingan terkait capaian kinerja dari 389 BUMD Air Minum.

Di mana laporan keuangannya telah diaudit oleh Konsultan Akuntan Publik (KAP) atau belum diaudit tapi telah memiliki laporan keuangan. gambaran kinerja tahun ini merupakan hasil evaluasi kinerja BUMD Air Minum berdasarkan Tahun Buku 2021.

Secara prinsip penilaian kinerja dilakukan terhadap 4 (empat) aspek yaitu Keuangan, Pelayanan, Operasional dan Sumber Daya Manusia.

Cek berita dan artikel mudah diakses di Google News

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved