Nomor Urut Calon Rektor Untan Pontianak 2023-2027, Wawancara Rekam Jejak Digelar 1 Februari

Ketua Panitia Pemilihan Rektor Untan tahun 2023-2027, Dr Nurmainah, mengungkapkan nomor urut 1 yakni Dr Sy Hasyim Azizurrahman, nomor urut 2 yakni Pro

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID
3 Calon Rektor Untan Pontianak terpilih periode 2023-2027 yakni Sy Hasyim Azizurahman (kiri) Garuda Wiko (tengah) dan Gusti Hardiansyah (kanan). 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Tiga calon Rektor Universitas Tanjungpura (Untan) Pontianak tahun 2023-2027 telah mendapatkan nomor urut. Penetapan nomor urut ini berlangsung di Gedung Rektorat Untan Pontianak pada Rabu 18 Januari 2023.

Ketua Panitia Pemilihan Rektor Untan tahun 2023-2027, Dr Nurmainah, mengungkapkan nomor urut 1 yakni Dr Sy Hasyim Azizurrahman, nomor urut 2 yakni Prof Garuda Wiko, dan nomor urut 3 Prof Gusti Hardiansyah.

Saat penentuan nomor urut ini, Nurmainah mengatakan ada dua calon rektor yang berhalangan hadir, karena di waktu bersamaan ada kegiatan penting di luar kampus. Calon yang hadir hanya Prof Garuda Wiko. Sedangkan dua calon yang tak hadir diwakili oleh anggota senat perwakilan dari fakultas masing-masing.

“Yang hadir tadi Pak Garuda Wiko, kalau yang berhalangan hadir Pak Gusti Hardiansyah karena harus menghadiri kegiatan di Jakarta, Pak Hasyim Azizurrahman ada kegiatan pembahasan terkait UU di luar kampus,” ujar Nurmainah kepada TribunPontianak.co.id.

Pada penetapan nomor urut ini, panitia sekaligus menjelaskan mekanisme wawancara calon rektor bersama kementerian.

“Jadi nanti wawancara bersama tiga rektor ini terkait rekam jejak masing-masing, yang akan dilaksanakan pada 1 Februari, tapi kita akan menyesuaikan lagi jadwal dari kementerian,” ujarnya.

Visi Misi Calon Rektor Untan Pontianak Nomor Urut 4, Dr Sy Hasyim Azizurrahman

Ia menjelaskan setelah itu akan digelar pemilihan calon Rektor Untan oleh para senat pada 15 Februari 2022. Namun akan menyesuaikan kembali jadwal pemilihan dari kementerian.

Sebagai catatan, jabatan Rektor Untan periode saat ini akan berakhir 12 April 2023. Rektor baru sudah terpilih paling lambat 2 minggu sebelum masa jabatan rektor berakhir.

Presiden Mahasiswa (Presma) Universitas Tanjungpura, Yandi Apriadi berharap rektor terpilih nantinya mampu membawa Untan menjadi kampus terbaik di Indonesia bahkan Dunia.

"Harapan saya pastinya semoga rektor terpilih nanti dapat membawa Untan menjadi lebih baik lagi, dan mampu membawa untan untuk menjajaki papan atas kampus terbaik di Indonesia maupun Dunia," ucapnya, Rabu 18 Januari 2023.

Selain itu, Yandi menyebut para mahasiswa Untan memiliki beragam potensi dan kreativitas, baik pada bidang akademis maupun non akademis. Oleh karenanya, rektor terpilih diharapkan mampu menyediakan wadah kreativitas dan ragam potensi mahasiswa-mahasiswanya tersebut.

"Serta dapat mewadahi kreativitas mahasiswa, dan mampu memberikan warna dan semangat baru dalam berbagai kegiatan mahasiswa Untan. Sebab, banyak sekali potensi mahasiswa untan yang dapat dikembangkan baik itu akademis maupun non akademis," sambungnya.

Lebih lanjut, terkait cukup tingginya biaya kuliah di Untan saat ini. Yandi berharap rektor terpilih dapat mengupayakan penurunan biaya kuliah dan memperbanyak kuota beasiswa.

"Terkait mahalnya biaya kuliah, pasti harapan seluruh anak muda Kalbar yang berkeinginan besar kuliah di Untan inginnya adanya penurunan biaya kuliah serta banyaknya beasiswa. Serta dapat tersebar informasinya agar dapat mudah diakses dan dijangkau seluruh mahasiswa," tutupnya.

Presma Harap Rektor Terpilih Jadikan Untan Kampus Terbaik, Pinta Biaya Kuliah Turun

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved