Info Stimulus

Bansos PKH Tahap Pertama Mulai Cair Januari-Maret 2023, Cek Cara Daftar KPM BLT PKH Disini!

Program Keluarga Harapan yang selanjutnya disebut PKH adalah program Bansos bersyarat kepada Keluarga Miskin yang ditetapkan sebagai penerima PKH.

Kolase / Tribunpontianak.co.id / sid
Tampilan halaman cek bansos untuk keperluan mendaftar DTKS Kementerian Sosial-Berikut adalah informasi mengenai jadwal pencairan PKH tahap pertama ditahun 2023 disertai dengan cara mendaftar sebagai KPM atau menambah usulan secara online bagi masyarakat yang belum menerima Bansos tahun sebelumnya. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID- Penyaluran Bansos PKH ini masih terus berlanjut di tahun 2023 dan akan terus disalurkan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) hingga kuota penerima terpenuhi.

Program Keluarga Harapan yang selanjutnya disebut PKH adalah program Bansos bersyarat kepada Keluarga Miskin yang ditetapkan sebagai penerima PKH.

Dilansir dari Kemensos.go.id, PKH Sebagai upaya percepatan penanggulangan kemiskinan, sejak tahun 2007 Pemerintah Indonesia. 

Masyarakat yang berhak menerima Bansos PKH 2023 dari Kementerian Sosial harus terdaftar sebagai KPM di laman cekbansos.kemensos.go.id, sehingga nama-nama penerimanya bisa terdaftar di laman Data Sosial Terpadu (DTKS).

Kalender 2023 Bansos, Jadwal Pencairan BPNT dan PKH Kepada 28 Juta KPM Mulai Januari

DTKS merupakan data induk yang berisi data pemerlu pelayanan kesejahteraan sosial, penerima bantuan dan pemberdayaan sosial serta potensi dan sumber kesejahteraan sosial.

DTKS dijadikan sebagai acuan oleh pemerintah untuk memberikan bantuan sosial seperti PKH, BPNT, PBI BPJS Kesehatan hingga BLT lainnya.

Hal ini akan memudahkan Kemensos dalam mendata dan memverifikasi penerima bansos PKH agar lebih tepat penyalurannya pada masyarakat.

Berdasarkan UU No 13 Tahun 2011 dan Permensos No 3 Tahun 2021 semua program bantuan seperti PKH serta pemberdayaan pemerintah dalam rangka penanganan fakir miskin harus berdasarkan DTKS.

Program PKH 2023 hanya cair pada 7 kriteria masyarakat yang sudah memenuhi persyaratan, salah satunya golongan Lansia menerima Rp2,4 Juta Pertahun.

Kalender 2023 Bansos, Januari Pemegang KIS Terima Bansos PKH dan BPNT Berupa Sembako-Uang Tunai!

Berdasarkan jadwal resmi dari Kemensos, penyaluran bansos Program Keluarga Harapan (PKH) dilakukan secara bertahap yakni empat tahap setiap tahunnya.

Adapun jadwal pencairan PKH 2022 yakni Tahap pertama yakni bulan Januari-Maret, tahap 2 pada April-Juni, tahap 3 pada Juli-September, dan tahap 4 cair pada Oktober-Desember.

Berikut ini kriteria dan besaran dana yang akan diterima masyarakat penerima bansos PKH 2023:

1. Ibu hamil/nifas Rp750 ribu untuk setiap tahap atau Rp3 juta pertahunnya.

2. Anak usia dini Rp750 ribu untuk setiap tahap atau Rp3 juta pertahunnya

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved