Kenali Penyakit Rematik, Penyebab dan Cara Pencegahannya

Menurutnya, dalam kehidupan masyarakat, rematik juga sering dikaitkan dengan peradangan sendi atau Arthritis padahal keduanya berbeda.

TRIBUNPONTIANAK/DOK. dr. Fawaid Akbar
Dokter Umum dr. Fawaid Akbar di Kota Pontianak Kalimantan Barat. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Sering kita mendengar penyakit rematik di kalangan masyarakat, hampir kebanyakan orang tua pra lansia sering mengeluhkan penyakit ini.

Untuk mengetahui lebih jauh tentang apa itu penyakit rematik, dr. Fawaid Akbar menjelaskan, bahwa penyakit rematik adalah istilah yang menggambarkan terjadinya sebuah ganggguan sendi, otot atau jaringan lunak.

Menurutnya, dalam kehidupan masyarakat, rematik juga sering dikaitkan dengan peradangan sendi atau Arthritis padahal keduanya berbeda.

Gejala Rematik
Dijelaskan, bahwa gejala rematik berawal dari gejala encok, pegal dan ngilu pada tulang terkadang gejala terjadi disertai rasa letih dan lesu yang berlebihan, gejala tersebut juga muncul pada penderita arthritis.

PPKM Resmi Dicabut, Walkot Pontianak Tekankan Kebiasaan Hidup Sehat dan Lengkapi Vaksinasi

Penyebab Rematik
Dalam penuturannya, bahwa penyebab penyakit rematik belum diketahui pasti karena merupakan sebuah gangguan autoimun. Dimana sistem imun menyerang balik diri sendiri dengan menyerang sel-sel yang sehat dalam tubuh kita.

Cara Mencegah Penyakit Rematik
Walaupun sebenarnya tidak ada pencegahan khusus untuk mencegah penyakit rematik ini. Namun yang dapat kita lakukan yaitu.
1. Menghindari faktor resikonya dengan menerapkan pola hidup sehat.
2. Oahraga teratur untuk mencegah terjadinya obesitas.
3. Hindari konsumsi makanan yang tinggi purin, makanan tinggi kolesterol, minuman Alkohol , bersoda dan minuman tinggi fruktosa lainnya.

Dokter Umum ini juga berpesan kepada masyarakat untuk mewaspadai penyakit rematik tersebut. Disarankan jika mengalami kebingungan dalam mencegahnya bisa konsultasi ke dokter.

"Jangan menganggap remeh penyakit rematik segera konsultasikan dengan dokter terdekat agar mendapatkan penanganan yang tepat," tukasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel Mudah Diakses di Google News

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved