Lestarikan Habitat Bekantan, Yayasan AHM Tanam Seribu Mangrove Rambai

Kegiatan ini merupakan bentuk semangat Sinergi Bagi Negeri dalam berkolaborasi menjaga keberlangsungan alam untuk generasi penerus bangsa.

Penulis: Nina Soraya | Editor: Nina Soraya
DOK/AHM
Simbolis penyerahan pohon mangrove yang dilakukan perwakilan Yayasan Astra Honda Motor (Yayasan AHM) di Kawasan Stasiun Riset Bekantan - Pulau Curiak, Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan pada 8 Desember 2022. Totalnya ada 1.000 pohon mangrove rambai yang diberikan. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Yayasan Astra Honda Motor (Yayasan AHM) melakukan penanaman 1.000 pohon Mangrove rambai di Kawasan Stasiun Riset Bekantan - Pulau Curiak, Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan pada 8 Desember 2022 lalu.

Upaya perlindungan lingkungan ini diharapkan dapat menjaga keberlangsungan hidup bekantan yang merupakan primata endemik Pulau Borneo.

Penanaman bibit Mangrove rambai di Pulau Curiak ini melengkapi 750 pohon yang telah ditanam sejak 2018 pada lahan seluas 3.050 meter persegi.

Mangrove rambai yang ditanam di Pulau Curiak penting bagi habitat bekantan di mana pucuk daunnya menjadi sumber pakan utama bagi hewan yang terancam punah ini.

Selain itu, penanaman Mangrove rambai ini juga dapat berkontribusi menyerap karbon dan memperbaiki Ekosistem Lahan Basah dalam mendukung kehidupan Satwa dan kehidupan manusia secara berkelanjutan.

Peringati Hari Ibu, Astra Motor Kalbar Kunjungi Panti Jompo Graha Werdha Marie Joseph

Selain menanam pohon mangrove rambai, Yayasan AHM juga membangun titian jalan sepanjang 25 meter dan 1 buah tempat singgah yang akan digunakan sebagai sarana edukasi dan pengembangan
Stasiun Riset Bekantan bekerjasama dengan Yayasan Sahabat Bekantan Indonesia.

Ketua Yayasan AHM Ahmad Muhibbuddin mengatakan penanaman mangrove merupakan rangkaian program Bumi Satu Hati yang meliputi reboisasi dan konservasi keanekaragaman hayati dalam
adaptasi dan mitigasi perubahan iklim dan penurunan Gas Rumah Kaca.

Beragam program pelestarian lingkungan secara konsisten dilaksanakan dengan melibatkan berbagai stakeholder hingga masyarakat maupun para pecinta lingkungan.

“Kegiatan ini merupakan bentuk semangat Sinergi Bagi Negeri dalam berkolaborasi menjaga keberlangsungan alam untuk generasi penerus bangsa.

Kami berharap pohon – pohon yang sudah kami tanam ini dapat memberikan dampak positif terhadap kelestarian dan keseimbangan alam, khususnya untuk habitat bekantan,” ujar Muhib.

Puluhan Ribu Mangrove Sejak tahun 2015, Yayasan AHM dan PT Astra Honda Motor telah menanam sekitar 23.550 pohon dari berbagai jenis mangrove yang tersebar di berbagai wilayah.

Puluhan ribu pohon yang ditanam tersebut diharapkan dapat berkontribusi menyerap karbon sehingga memberikan udara bersih bagi seluruh makhluk hidup.

Astra Honda Motor Umumkan Strategi Roadmap Sepeda Motor Listrik Honda Hingga 2030

Selain berdampak pada pelestarian lingkungan, buah dari pohon Mangrove dari jenis Sonneratia alba, Sonneratia Caseolaris dan Bruguera Gymnorrhiza pun dapat dimanfaatkan untuk menjadi kreasi
panganan lokal sebagai salah satu pendapatan masyarakat seperti dodol, keripik dan sirup.

Selain itu, keberadaan mangrove mampu meningkatkan penghasilan masyarakat di sektor pariwisata dan menambah pendapatan nelayan di sekitar kawasan hutan mangrove tersebut.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved