KPU Kubu Raya Gelar Uji Publik Penataan Dapil dan Jumlah Kursi DPRD Pemilu 2024

Menurutnya, dalam pemaparan uji publik itu pihak KPU akan mengajukan dua rancangan dapil di Kabupaten Kubu Raya untuk Pemilu 2024 nanti kepada KPU RI

TRIBUNPONTIANAK/DAVID NURFIANTO
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat menggelar kegiatan uji publik rancangan penataan daerah pemilihan (Dapil) dan alokasi kursi anggota DPRD persiapan Pemilu tahun 2024 mendatang. Acara tersebut di langsungkan di Aula Gardenia Resort dan SPA Kubu Raya, Rabu 14 Desember 2022. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KUBU RAYA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat menggelar kegiatan uji publik rancangan penataan daerah pemilihan (Dapil) dan alokasi kursi anggota DPRD persiapan Pemilu tahun 2024 mendatang.

Acara tersebut di langsungkan di Aula Gardenia Resort dan SPA Kubu Raya, Rabu 14 Desember 2022.

Ketua KPU Kubu Raya, Karyadi mengatakan uji publik dilakukan untuk memberikan masukan dan tanggapan masyarakat maupun pengurus partai politik calon Peserta Pemilu 2024.

"Kegiatan uji publik ini kami ingin menerima masukan dan tanggapan terhadap penataan Dapil yang direncanakan untuk Pemilu tahun 2024," ujarnya.

Menurutnya, dalam pemaparan uji publik itu pihak KPU akan mengajukan dua rancangan dapil di Kabupaten Kubu Raya untuk Pemilu 2024 nanti kepada KPU RI melalui KPU Provinsi Kalbar untuk menjadi bahan pertimbangan.

Sosialisasikan P4GN, Sat Narkoba Polres Kubu Raya Tingkatkan Pengetahuan dan Wawasan Personel Polri

Karyadi menjelaskan bahwa kegiatan uji publik adalah untuk berdiskusi sekaligus sosialisasi tentang segala proses penataan dapil yang telah dirancang oleh KPU, apakah telah memenuhi 7 prinsip penataan dapil yaitu Kesetaraan nilai suara, Ketaatan pada sistem pemilu yang proporsional, Proporsionalitas, Integralitas wilayah, berada dalam cakupan wilayah yang sama serta Kohesivitas dan kesinambungan.

Adapun, dua rancangan yang akan diusulkan oleh KPU Kubu Raya yakni rancangan 1, terdiri dari 6 dapil dengan jumlah kursi 45 dengan pembagian di masing-masing kecamatan sebagaimana berikut.

Kubu Raya 1 (Kecamatan Sungai Raya A) dengan jumlah kursi dua belas (12). Kubu Raya 2 (Kecamatan Sungai Raya B) dengan jumlah kursi Lima (5). Kubu Raya 3 (Kecamatan Terentang, Kecamatan Batu Ampar, dan Kecamatan Kubu) dengan jumlah kursi tujuh (7). Kubu Raya 4 (Kecamatan Rasau Jaya dan Kecamatan Teluk Pakedai) dengan jumlah kursi empat (4). Kubu Raya 5 (Kecamatan Sungai Kakap) dengan jumlah kursi sembilan (9). Kubu Raya 6 (Kecamatan Kuala Mandor B dan KecamatanSungai Ambawang) dengan jumlah kursi delapan (8).

Sekda Harisson Minta Daerah Perhatikan Stok dan Distribusi Kebutuhan Pokok Jelang Nataru

Rancangan 2, terdiri dari 7 dapil dengan jumlah kursi 45 dengan pembagian dimasing-masing kecamatan sebagaimana berikut : Kubu Raya 1 (Kecamatan Sungai Raya A) dengan jumlah kursi delapan (7). Kubu Raya 2 (Kecamatan Sungai Raya B) dengan jumlah kursi Lima (5). Kubu Raya 3 (Kecamatan Sungai Raya C) dengan jumlah kursi empat (4). Kubu Raya 4 (Kecamatan Terentang, Kecamatan Batu Ampar, dan Kecamatan Kubu) dengan jumlah kursi tujuh (7). Kubu Raya 5 (Kecamatan Rasau Jaya dan Kecamatan Teluk Pakedai) dengan jumlah kursi empat (4). Kubu Raya 6 (Kecamatan Sungai Kakap) dengan jumlah kursi sembilan (9). Kubu Raya 7 (Kecamatan Kuala Mandor B dan KecamatanSungai Ambawang) dengan jumlah kursi delapan (8).

Untuk itu, Kata Dia pihaknya akan menyampaikan hasil uji publik dengan berbagai skenario karena ini baru rancangan meskipun beberapa orang menginginkan daerah pemilihan tetap yang digunakan pada pemilu 2019 lalu.

Untuk diketahui rancangan penetaapan daerah pemilihan yang dilakukan KPU pada pemilu 2019 lalu dibagi 6 dapil dengan jumlah kursi 45. Kubu Raya 1 (Sui Raya 1) memperebutkan 11 kursi, Kubu Raya 2 (Sui Raya 2) memperebutkan 5 kursi. Dapil Kubu Raya 3 (Kubater) 7 kursi, Kubu Raya 4 (Rasau Jaya-Teluk Pakedai) 4 kursi, Kubu Raya 5 (Sui Kakap) 9 kursi dan Kubu Raya 6 (Sui Ambawang-Kuala Mandor B) memperebutkan 9 kursi. (*)

Cek Berita dan Artikel Mudah Diakses di Google News

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved