Pemilu 2024

Cerita Dibalik Nomor 14 Partai Demokrat di Pemilu 2024, Bawa Misi Rebut Kembali Kursi DPR RI

Hal ini merujuk pada Perppu no 1/2022, pasal 173 ayat 3 sehingga Partai Demokrat memutuskan untuk kembali menggunakan nomor 14.

Istimewa/Bakomstra Demokrat
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) berjalan kaki datang ke kantor KPU pusat, diiringi pengurus DPP serta ratusan kader Demokrat. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Partai Demokrat kembali menggunakan nomor 14 di Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024.

Hal ini merujuk pada Perppu no 1/2022, pasal 173 ayat 3 sehingga Partai Demokrat memutuskan untuk kembali menggunakan nomor 14.

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) berjalan kaki datang ke kantor KPU pusat, diiringi pengurus DPP serta ratusan kader Demokrat, Rabu 14 Desember 2022 malam.

Menjelang sampai ke KPU, AHY dan massa Demokrat disambut tarian jalanan (street dance) Wota oleh sejumlah remaja berkaus Demokrat.

"Kami siap mengikuti pemilu, dan siap memperjuangkan perubahan dan perbaikan bagi Indonesia yang lebih baik," kata AHY sambil tersenyum pada para wartawan di depan gerbang KPU.

AHY dan rombongan DPP menggunakan jaket varsity bertuliskan angka 14.

Baca juga: Daftar Parpol Sebagai Peserta Pemilu 2024 yang Masih Menggunakan Nomor Urut Pemilu 2019

Elektabilitas Partai Demokrat cenderung naik menjelang Pemilu dalam survei yang dilakukan oleh Litbang Kompas, naiknya Elektabilitas Demokrat kali ini bahkan melewati Parpol Parlemen lainnya yaitu Golkar dalam beberapa simulasi. Demokrat kembali gunakan nomor 14 di Pemilu 2024
Elektabilitas Partai Demokrat cenderung naik menjelang Pemilu dalam survei yang dilakukan oleh Litbang Kompas, naiknya Elektabilitas Demokrat kali ini bahkan melewati Parpol Parlemen lainnya yaitu Golkar dalam beberapa simulasi. Demokrat kembali gunakan nomor 14 di Pemilu 2024 (Tribunnews)

Spanduk dan poster perubahan dan perbaikan diusung oleh massa.

"Kebetulan hari ini tanggal 14, dan nanti pencoblosan dilakukan juga pada tanggal 14," kata AHY.

“Kita ini menghadirkan semangat, 14 itu kami rangkai dengan huruf S dan P, jadi dibaca S14P,” jelas AHY.

“Siap juga memiliki arti, bersama rakyat kami siap memperjuangkan “Perubahan dan Perbaikan”.

Perubahan dan Perbaikan untuk Indonesia yang lebih baik ke depan, semakin maju, rakyatnya semakin sejahtera,” lanjutnya.

AHY juga menjelaskan makna lain dari kata Siap yang digunakan.

“Kata Siap juga mengandung makna bahwa Partai Demokrat harus benar-benar mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya, menyongsong kontestasi pemilu serentak, baik pemilihan presiden dan pemilihan legislatif,” sambung AHY.

“Harapannya tentu ikhtiar, doa dan perjuangan kami bersama, Demokrat bisa sukses dan menang.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved