Info Stimulus

Syarat Nelayan, Petani dan UMKM Serta Ojek Online Agar Terima BLT BBM 2022? Cek Penerima BLT Disini!

Syarat utama penerima BLT BBM 2022 tahap 2 senilai Rp300 ribu ini adalah warga yang terdampak kenaikan harga bahan bakar minyak. 

Tribunpontianak.co.id
Nelayan, Pelaku UMKM, Pengemudi angkutan Online merupakan warga yang terdampak langsung dengan naiknnya harga BBM, Dengan hal itulah Pemerintah memberikan BLT BBM sebesar Rp 600 selama 4 bulan yang diperuntukan untuk meningkatkan daya beli masyarakat terdampak. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID- Desember 2022 merupakan akhir tahun sehingga program BLT BBM tahap 2 yang dibentuk pemerintah sudah kembali cair kepada setiap penerima yang namanya telah terdaftar pada DTKS Kemensos dan dianggap memenuhi syarat sebagai penerima BLT.

Syarat utama penerima BLT BBM 2022 tahap 2 senilai Rp300 ribu ini adalah warga yang terdampak kenaikan harga bahan bakar minyak. 

Kenaikan subsidi BBM berjenis Solar dan Pertalite pada September lalu berpontensi menyebabkan inflasi dan menurunnya daya beli masyarakat. 

Pada artikel ini dirincikan secara singkat beberapa golongan masyarakat yang rentan terdampak dari kenaikan harga BBM yaitu mereka yang  bergerak dibidang usaha pertanian, Nelayan, Pelaku UMKM  hingga sopir angkutan umum. 

Pencarian 3 Jenis Bansos Ini Bersamaan Desember 2022, Apa Bedanya BLT BBM dan BPNT Atau PKH?

Lantas mengapa orang-orang tersebut dikategorikan orang yang layak untuk menerima BLT BBM

Buka  tanpa alasan, Sebelumnya dikuti dari kanal YouTube Sekretariat Presiden bahwa orang-orang yang bergerak dibidang usaha sebagaimana yang disebutkan diatas merupakan orang yang terdampak langsung atas perubahan harga bahan pokok dan harga minyak untuk operasioanal dalam pekerjaannya, terlebih lagi pelaku usaha UMKM, Nelayan dan Ojek online.

Itulah sebabnya Pemerintah memberikan BLT BBM yang dianggarkan kementerian keuangan serta disaluruhkan oleh Kementerian Sosial bersama PT. Pos Indonesia untuk menyalurkan bantuan berupa BLT sebesar Rp 600 ribu kepada masyarakat yang terdampak. 

Dengan adanya BLT BBM tahap 2 dibentuk guna meringankan anggaran pendapatan daya jual beli masyarakat khusunya petani, Nelayan dan pelaku UMKM serta pengemudi ojek online dalam kehidupan sehari-hari.

Namun, Meskipun masyarakat dengan kategori tersebut dirasakan layak menerima BLT BBM ada beberapa syarat lagi yang secara personal harus dipenuhi. 

Penerima BLT BBM Tahap 2 Mulai Dibagikan Petugas Pos Kapan? Cek Cara Penerima Bagi KPM yang Sakit!

Adapun golongan warga yang berhak menerima BLT BBM tahap 2 senilai Rp300,000 lewat Kantor Pos atau PT. Pos Indonesia, yaitu WNI yang dibuktikan dengan kepemilikan NIK, terdampak Covid-19 dan terkena (PHK).

Keluarga rentan miskin, bukan anggota keluarga ASN, PNS, TNI, hingga Polri.

Dan paling penting sudah terdaftar di layanan DTKS dan layak sebagai penerima BLT BBM tahap 2 di DTKS.

Nah, Selanjutnya adalah langkah-langkah pengecekan dapat dilakukan secara online

Setelah memperhatikan syarat-syarat yang harus dipenuhi, penerima BLT BBM tahap 2 bisa cek nama melalui situs cekbansos.kemensos.go.id.

Sudah Dipastikan! Ini Daftar Bansos yang Berlanjut Cair Desember 2022 Ada BLT BBM, BSU dan BPNT?

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved