Pengukuhan 11 Guru Besar Universitas Tanjungpura, Garuda Wiko Harap Peningkatan Pelayanan Pendidikan

Usai mengukuhkan para guru besar Untan, Rektor Untan, Prof Garuda Wiko mengatakan dengan telah dilantiknya 11 orang guru besar hari ini, total guru...

Penulis: Anggita Putri | Editor: Mirna Tribun
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ANGGITA PUTRI
Rektor Universitas Tanjungpura, mengukuhkan sebanyak 11 orang Guru Besar Untan yang ditandai dengan pengalungan samir, didampingi oleh Ketua Senat Untan, berlangsung di Auditorium Untan, Kamis 8 Desember 2022. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Rektor Universitas Tanjungpura, telah mengukuhkan sebanyak 11 orang Guru Besar Untan yang ditandai dengan pengalungan samir, didampingi oleh Ketua Senat Untan di Auditorium Untan, Kamis 8 Desember 2022.

Tampak para keluarga dan orang terdekat dari para guru besar yang dilantik hadir untuk menyaksikan momen bahagia tersebut.

Ucapan selamat pun datang dari para kerabat dan relasi guru besar Untan yang baru saja dikukuhkan oleh Rektor Untan.

Adapun 11 guru besar Untan yang baru dikukuhkan yakni Prof. Dr. Ir. H. Gusti Hardiansyah, M.Sc., QAM, IPU dikukuhkan menjadi Guru Besar dalam Bidang Manajamen Hutan, Prof. Dr. H. Tomo Djudin Guru Besar dalam Bidang Pendidikan Fisika, Prof. Dr.-Ing. Seno D. Panjaitan, S.T., M.T., IPM Guru Besar dalam Bidang Ilmu Elektro.

Selanjutnya, Prof. Dr. H. A. Oramahi, S.TP., M.P. yakni Guru Besar dalam Bidang Ilmu Hama dan Penyalit Tanaman (Perlindungan Hutan), Prof. Dr. Ruqiah Ganda Putri Panjaitan, S.Si., M.Si yaitu Guru Besar dalam Bidang Biologi dan Bioteknologi Umum, Prof. Dr. Eng. Ir. Rudi Kurnianto, S.T., M.T., IPM yakni Guru Besar dalam Bidang Ilmu Teknik Elektro, Prof. Dr. Henny Herawati, S.T., M.T., IPM., PU-SDA yakni Guru Besar dalam Bidang Teknik Sipil, Prof. Dr. H. Martono, M.Pd Guru Besar dalam Bidang Ilmu Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah, Prof. Dr. Hj. Jamaliah, S.E., M.Si. guru Besar dalam Bidang Ilmu Ekonomi, Prof. Dr. Hj. Sri Haryaningsih, M.Si. Guru Besar dalam Bidan Ilmu Admintrasi Publik, Prof. Hj. Risa Nofiani, S.Si., M.Si., Ph.D. Guru Besar dalam Bidang Ilmu Kimia.

Foto Rektor Untan, dan Ketua senat Anggota Senat memasuki ruangan sebelum pengukuhan 11 Guru Besar Untan.
Foto Rektor Untan, dan Ketua senat Anggota Senat memasuki ruangan sebelum pengukuhan 11 Guru Besar Untan. (TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ANGGITA PUTRI)

Usai mengukuhkan para guru besar Untan, Rektor Untan, Prof Garuda Wiko mengatakan dengan telah dilantiknya 11 orang guru besar hari ini, total guru besar di Untan menjadi 29 orang untuk saat ini.

“Kita bersyukur hari ini Untan mengukuhkan guru besar dari berbagai bidang ilmu, dengan keberadaan guru besar ini, tentu kita berharap pada peningkatan pelayanan pendidikan,”ungkapnya.

Untan Pontianak Jadi Tuan Rumah Launching Program Matching Fund Kemdikbudristek

Selain itu, diharapkan juga keberadaan guru besar Untan ini dapat meningkatkan dalam daya saing guru besar dari pusat - pusat perguruan tinggi lain.

“Ada 11 guru besar yang dikukuhkan hari ini. Sehingga total guru besar di Untan sekarang ada 29 orang. Angkanya memang cukup kecil, karena angka yang pensiun juga cukup banyak,”ujarnya.

Foto bersama Forkopimda Provinsi Kalbar dan para tamu undangan pada pengukuhan 11 Guru Besar Untan.
Foto bersama Forkopimda Provinsi Kalbar dan para tamu undangan pada pengukuhan 11 Guru Besar Untan. (TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ANGGITA PUTRI)

Namun dikatakannya, sejauh ini Untan terus mempercepat penambahan Guru Besar, sebab mengingat banyak pula Guru Besar yang pensiun dan yang akan pensiun setiap tahunnya.

“Tapi potensi kita sudah ada sebanyak 273 lektor kepala, yang mana lektor kepala ini satu langkah lagi untuk menjadi guru besar. Jadi kita akan dorong yang 273 orang ini untuk memenuhi syarat-syarat menjadi guru besar,”ujarnya.

Sebab dikatakannya ada persyaratan khusus untuk menjadi guru besar, diantaranya menulis jurnal internasional yang terindeks lokus, yang mana biasanya untuk masuk kesitu harus mengantri.

“Target kita tentu lebih banyak guru besar setiap tahunnya. Artinya kalau satu mengajar yang satu pensiun. Kedua kita memang ada terget target tertentu terkait jumlah yang lebih besar lagi,”ujarnya.

Prodi Magister TP FKIP Untan Raih Akreditasi Tertinggi

Ia mengatakan sejauh ini untuk guru besar di Untan sudah ada dari semua bidang fakultas. Dimana kali ini yang dikukuhkan mewakili dari enam fakultas di Untan.

Rektor Untan dan Anggota Senat Untan saat acara pengukuhan 11 Guru Besar Untan di Auditorium Untan, Kamis 8 Desember 2022.
Rektor Untan dan Anggota Senat Untan saat acara pengukuhan 11 Guru Besar Untan di Auditorium Untan, Kamis 8 Desember 2022. (TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ANGGITA PUTRI)
Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved