Imbauan Polda Kalbar Pasca Insiden Bom Bunuh Diri di Polsek Astana Anyar Bandung

"Kapolda Kalbar menekankan ke seluruh jajaran Polres supaya tetap menjalankan pelayanan maksimal sesuai SOP kepada masyarakat, namun tetap waspada khu

Tribunpontianak/Ferryanto
Kombespol Raden Petit Wijaya, Kabid Humas Polda Kalbar saat ditemui wartawan di Mapolda Kalbar pada Jumat 4 November 2022. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Aksi Bom Bunuh Diri terjadi di Polsek Astana Anyar, Bandung, Jawa Barat, Rabu 7 Desember 2022 menewaskan terduga pelaku dan satu anggota polisi serta melukai beberapa polisi yang lain. Pasca kejadian, Polda Kalbar mengimbau masyarakat jangan panik dan tetap tenang.

"Kapolda Kalbar menekankan ke seluruh jajaran Polres supaya tetap menjalankan pelayanan maksimal sesuai SOP kepada masyarakat, namun tetap waspada khususnya yang bertugas di lapangan. Apalagi mengingat ini akhir tahun dan menjelang tahun baru," ujar Kabid Humas Polda Kalbar Kombespol Raden Petit Wijaya, Rabu 7 Desember 2022.

Kepada masyarakat, Polda Kalbar mengimbau agar masyarakat tetap tenang dan tidak perlu khawatir atas peristiwa tersebut.

"Kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak usah khawatir terhadap kejadian tersebut dan mohon untuk tidak menyebarluaskan foto-foto kondisi pelaku bom bunuh diri,” kata Kabid Humas.

Bom Bunuh Diri di Astana Anyar, Polda Kalbar Imbau Masyarakat Tenang dan Tidak Sebar Foto Korban

Ia mengatakan, jika disebarkan tujuan mereka tercapai yaitu supaya dunia tahu bahwa mereka eksis.

“Jangan sampai kita membantu aksi teror ini dengan menyebar foto-foto tersebut," pesan Raden Petit Wijaya.

Sementara itu Jajaran Polres Sintang memperketat pengamanan Mapolres Sintang dan Polsek jajaran usai kejadian bom bunuh diri di Polsek Astana Anyar, Bandung, Jawa Barat. Peningkatan pengamanan dilakukan mulai penambahan personel, pengetatan keluar masuk barang dan orang, hingga monitoring sentra pelayanan publik.

Polres Sintang menambah 2/3 kekuatan personel untuk menjaga keamanan Mako Polres Sintang.

"Untuk saat ini kita dari Polres Sintang melaksanakan upaya peningkatan pengamanan maka polres, tidak hanya polres tapi juga jajaran polsek," kata Kapolres Sintang, AKBP Tommy Ferdian.

Tommy menyebut, ada penambahan 2/3 kekuatan personel untuk menjaga keamanan Mako dengan harapan agar proses pengawasan dapat lebih efektif dan menyeluruh menggunakan sistem rotasi.

"Penambahan jumlah personel ditugaskan di penjagaan maupun di titik-titik akses keluar masuk. Kita lakukan peningkatan dari segi prosedur keluar masuk mako khususnya dari pengunjung atau masyarakat yang melaksanakan kegiatan pelayanan publik di polres, di antaranya kita laksanakan pemeriksaan, pemantauan secara ketat. Apabila ada yang mencurigakan kita lakukan pemeriksaan lebih lanjut. Utama bagi orang atau barang yang masuk kita periksa secara menyeluruh," tegas Kapolres.

Bagi para pengunjung yang sudah ada dalam Mapolres juga akan dilakukan pemantauan melalui titik sentral pelayanan publik.

"Petugas juga memantau sehingga proses monitoring keluar masuk dan sentra pelayanan publik maksimal," ujarnya.

Propam Polda Kalbar Lakukan Penegakan Disiplin di Polresta Pontianak

Pasang Tenda

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved