Lokal Populer

Prioritas Anggaran Dana Alokasi Umum di Kabupaten Kapuas Hulu

surat dirjen tersebut penekanan prioritas kepada bidang pendidikan lebih besar dibandingkan bidang pekerjaan umum dan kesehatan

SAHIRUL HAKIM/TRIBUN PONTIANAK
Acara pembinaan peningkatan kapasitas aparatur pemerintahan desa, di Gedung MABM Kapuas Hulu, Selasa 6 Desember 2022. Dimana kegiatan tersebut dilaksanakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Kapuas Hulu. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Bupati Kabupaten Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan membuka acara pembinaan peningkatan kapasitas aparatur pemerintah desa se Kabupaten Kapuas Hulu tahun 2022, di MABM Kapuas Hulu, Selasa 6 Desember 2022.

Dalam kegiatan tersebut Bupati menjelaskan surat Dirjen Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan RI, nomor S-173/PK/2022 tentang penyampaian rincian alokasi tranfer ke daerah dan dana desa tahun 2023.

Mengamanatkan bahwa kewajiban seluruh pemerintah daerah termasuk pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu, untuk menyesuaikan prioritas sebagaimana dalam dana alokasi umum (DAU) yang telah ditentukan peruntukkannya (spesipic grant) pada APBD tahun 2023.

"Di mana surat dirjen tersebut penekanan prioritas kepada bidang pendidikan lebih besar dibandingkan bidang pekerjaan umum dan kesehatan," ujarnya.

Ajak Umat Bangun Ulang Gua Maria Bukit Kelam yang Ambruk di Sintang

Adapun DAU yang sudah ada peruntukkannya sebesar Rp 284 miliar lebih, yang terdiri dari, penggajian untuk formasi PPPK pengangkatan tahun 2023 sebesar Rp 35 miliar lebih, pendanaan untuk kelurahan sebesar Rp 800 juta, dan bidang pendidikan sebesar Rp 140 miliar lebih.

"Sedangkan kalau untuk bidang kesehatan mencapai sebesar Rp 46 miliar lebih, dan bidang pekerjaan umum sebesar Rp 60 miliar lebih," ungkapnya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kapuas Hulu, Petrus Kusnadi menyatakan anggaran DAU tahun anggaran 2023 adalah bidang pendidikan, khususnya di Kabupaten Kapuas Hulu mencapai Rp 140,686 miliar lebih.

"Kita tau bersama bahwa, dukungan anggaran untuk dinas pendidikan dan kebudayaan sangat luar biasa banyaknya, karena memang telah menjadi kebijakan pemerintah pusat tahun 2023 melalui DAU, untuk sarana prasarana bidang pendidikan," ujarnya.

Dalam hal tersebut, Petrus Kusnadi menjelaskan kalau pihaknya juga telah menyiapkan dokumen-dokumen perencanaan untuk pemetaan-pemetaan terkait sara prasarana sekolah di Kabupaten Kapuas Hulu.

"Kita memiliki sekolah kurang lebih 415 sekolah dasar (SD), dan 101 sekolah menengah pertama (SMP) di Kabupaten Kapuas Hulu. Dimana yang perlu diintervensi kita adalah sekolah pendidikan dasar atau SD," ucapnya.

Dari sisi lain juga akui Petrus Kusnadi, bahwa dinas pendidikan dan kebudayaan Kapuas Hulu merasa bersyukur, karena Pemerintah telah memproritaskan anggaran di DAU adalah untuk bidang pendidikan.

"Namun ini juga menjadi sebuah tantangan bagi kami untuk bekerja keras, bagaimana penyerapan anggaran tersebut harus sedemikian rupa sesuai dengan harapan bersama dan aturan yang berlaku," ujarnya.

Maka dari itu Petrus Kusnadi juga meminta dukungan semua pihak, agar dinas pendidikan dan kebudayaan mampu menjalankan tugas dengan baik, karena sisi lain jua masih banyak keterbatasan terutama tenaga.

Penertiban Lapak Permanen PKL di Jalan Teratai Kabupaten Mempawah

Tunda Pembangunan Jalan

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved