Ajak Masyarakat Cintai Produk Lokal, Melati Fajarwati: Gerakkan Perekonomian Kalbar

Melati mengatakan dengan membeli produk Melati Burlian, masyarakat membantu memperkenalkan motif-motif Kalbar ke kancah nasional bahkan internasional.

Penulis: Maskartini | Editor: Try Juliansyah
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Istimewa/Melati
Melati Fajarwati bersama customer philippines saat pameran brand Melati Burlian. (IST Melati) 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Mengangkat motif yang menceritakan hutan Kalimantan di tepian Sungai Kapuas dengan gabungan dua unsur antara alam dan adat budaya Kalbar bukan tanpa alasan.

Melati Fajarwati yang kini terjun di dunia fashion dengan brand Melati Burlian melihat betapa motif klasik dan unik sangat diminati dan tidak tergerus zaman.

Ia pun mengajak masyarakat mencintai produk lokal dan memperkenalkannya.

"Dengan membeli produk Melati Burlian, secara tidak langsung masyarakat menggerakkan perekonomian Kalbar. Dalam pelaksanaan produksi kami menggunakan penjahit lokal yang merupakan janda, atau ibu rumah tangga yang masih memerlukan pekerjaan untuk membantu penghasilan dan tidak memiliki pekerjaan tetap," ujar Melati, Rabu 7 Desember 2022.

Profil Melati Fajarwati, Wirausahawan Muda Asal Pontianak Owner Brand Muslimah Melati Burlian

Kalbar United Women Matangkan Misi Bermain Jelang Liga Asosiasi Futsal Kota Pontianak

Selain itu kata Melati, sebesar 2,5 persen dari penjualan produk ia sisihkan untuk kegiatan sosial yaitu gerakan seribu mukena. Melalui gerakan ini Melati membagikan mukena secara geratis ke mualaf, daufa, rumah quran, dan mesjid.

"Mukena ini kami bagikan hingga ke pelosok daerah Kalbar hingga ke perbatasan malaysia," ujarnya.

Melati mengatakan dengan membeli produk Melati Burlian, masyarakat membantu memperkenalkan motif-motif Kalbar ke kancah nasional bahkan internasional.

Apalagi baju brand ini bisa didesign sesuai keinginan customer.

"Design modern dan dapat digunakan untuk sehari-hari, kerja, beribadah dan lainnya. Menggunakan motif khas Kalbar berarti membuat Kalbar dikenal oleh banyak masyarakat dunia. Melalui motif-motif inilah budaya Kalbar akan lebih dikenal dengan ke khasanahan adat budaya kedaerahannya," ujarnya.

Menyebarkan fashion yang etnik dan modern kata Melati akan ia lakukan melalui open reseller di seluruh Indonesia. Ia berharap produk Melati Burlian kedepannya dapat dikenal hingga manca negara dan dapat memenuhi kebutuhan fashion masyarakat Kalbar khususnya.

"Semoga bisa mendunia san secepatnya akan dapat open reseller seluruh Indonesia bahkan dunia. Besar harapan kami untuk pemerintah melirik fashion kami. Semoga brand kami dapat melakukan fashion show hingga ke manca negara dengan berbekal tujuan agar motif Kalbar lebih dikenal dunia," ujarnya. (*)

Cek Berita dan Artikel Mudah Diakses di Google News

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved