Pemilu 2024

Survei SRS: Elektabilitas Ridwan Kamil Masuk Daftar Tokoh Berpotensi Sebagai Cawapres Pemilu 2024

Sosok Ridwan Kamil menurut Elektabilitasnya melejit menjelang Pemilu 2024 yang menempatkannya sebagai bakal capres sederet dengan nama populer lainnya

Humas Pemda Jabar
PDI Perjuangan tutup peluang usung Ridwan Kamil (KOMPAS.COM) 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID- Lembaga Survei, Surabaya Research Syndicate (SRS) merilis nama beberapa tokoh yang berpotensi maju jelang Pilpres 2024.

Sosok Ridwan Kamil menurut Elektabilitasnya melejit menjelang Pemilu 2024 yang menempatkannya sebagai bakal capres sederet dengan nama populer lainnya.

Survei SRS, anggota Asosiasi Lembaga Survei seindonesia (ASOPI), digelar pada 4 sampai 14 November 2022 di 34 provinsi Indonesia.

Adapun survei tersebut melibatkan 1.200 responden berusia 17 tahun dan memiliki KTP dan memiliki hak pilih nantinya saat Pemilu 2024.

Hasil Survei Pilpres 2024, Voxpol: Elektabilitas Anies Baswedan Tinggi Jelang Pemilu Lewati Ganjar!

Hasil tersebut dirilis oleh SRS secara daring pada Selasa 6 Desember 2022

Diketahui bahwa Elektabilitas Ridwan Kamil menjadi sosok yang paling diterima publik atau tingkat akseptabilitas tertinggi di antara nama lainnya seperti Menparekraf Sandiaga Uno dan Menhan Prabowo Subianto.

Tingkat akseptabilitas Ridwan Kamil mencapai 78,9 persen. Dari sisi popularitas, Ridwan Kamil memang masih tertinggal dari Prabowo, Sandiaga, dan Anies Baswedan.

"Meskipun tingkat popularitas Ridwan Kamil masih tertinggal dari Prabowo Subianto, Sandiaga Uno dan Anies Baswedan, namun Gubernur Jawa Barat itu muncul sebagai capres yang paling diterima publik. Sebanyak 78,9% responden mengaku suka terhadap Ridwan Kamil," demikian keterangan SRS.

Survei Polstat: Elektabilitas Prabowo Subianto Unggul Sebagai Capres Latar Belakang Militer!

Dari sisi Elektabilitas sebagai capres, Ridwan Kamil menempati posisi keempat, tertinggal dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (24,7%), Prabowo (23.9%), dan Anies Baswedan (23,2%).

Lihat urutaN Elektabilitas bakal calon Presiden di Pemilu 2024 susuai dengan rilis SRS terbaru dapat dilihat sebagai berikut:

1. Ganjar Pranowo (24,7%)

2. Prabowo (23.9%)

3. Anies Baswedan (23,2%).

4. Ridwan Kamil (7,5 %). 

Meski demikian, Ridwan Kamil melejit di bursa cawapres. Dalam survei ini, Elektabilitas Ridwan Kamil sebagai cawapres, dalam simulasi pertanyaan tertutup, menembus 23,8%.

Ridwan Kamil menempati urutan pertama survei, unggul dari Sandiaga Uno (18,7%) dan Agus Harimurti Yudhoyono (12,4%) di posisi 3 besar.

Margin of error survei dinyatakan +/- 2,8 persen pada tingkat kepercayaan (level of confidence) sebesar 95 persen. Responden diwawancarai secara tatap muka dengan bantuan kuesioner. (*)

Simak berita lainnya dengan topik Pemilu 2024

Cek berita dan artikel mudah dengan akses Google News

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved