Gubernur Sutarmidji Targetkan di Akhir Masa Jabatanya Akan Ada Ribuan Penghafal Alquran di Kalbar

"Insyallah bisa, karena yang sedang menghafal ini, tadi yang 20 juz rata-rata sudah 25 (juz), jadi tinggal lima juz lagi. Yang sedang menghafal (total

Penulis: Anggita Putri | Editor: Rivaldi Ade Musliadi
TRIBUNPONTIANAK/TRI PANDITO WIBOWO
Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji, mewisuda 255 orang peserta Hafiz dan Hafizah yang terdiri dari hafalan 20 Juz Tahap III (235 peserta) dan 30 Juz Tahap IV (20 peserta), di Pendopo Gubernur Kalimantan Barat, Jl. Ahmad Yani, Kota Pontianak, Selasa 6 Desember 2022. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) Sutarmidji menghadiri kegiatan wisuda hafiz dan Hafizah Alquran 20 dan 30 juz, Tahap III dan IV Tahun 2022 se-Kalbar, di Pendopo Gubernur, Selasa 6 Desember 2022.

Kegiatan tersebut dirangkaikan dengan pelepasan jemaah umrah tahap II yang diberangkatkan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov).

Gubernur mengatakan ada 30 orang yang diwisuda untuk hafalan Alquran 30 juz, sementara yang 20 juz ada 235 orang.

Pada akhir masa jabatannya 2023 nanti, ia menargetkan untuk hafalan Alquran 30 juz harus sudah ada seribu orang yang diwisuda. Sedangkan yang 20 juz, bisa sekitar empat ribu orang.

Sutarmidji Optimis Kalbar Dapat Kendalikan Inflasi, Midji: Kegiatan Ekonomi Kita Kuat

"Insyallah bisa, karena yang sedang menghafal ini, tadi yang 20 juz rata-rata sudah 25 (juz), jadi tinggal lima juz lagi. Yang sedang menghafal (total se-Kalbar) tujuh ribu lebih, rata-rata sudah 20 juz, tapi diuji belum (lulus), jumlahnya sudah ada tinggal diuji saja," ungkapnya.

Selain kuantitas, ia juga ingin usia para penghafal Alquran semakin muda. Karena usia termuda yang pernah diwisuda sejauh ini baru ada yang 11 tahun, ia menargetkan ke depan ada yang berusia 10 tahun ke bawah.

“10 tahun, kemudian sembilan tahun, nah LPTQ (Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran) harus buat program seperti itu. Semakin muda semakin bagus, hari ini ada yang 20 juz (usia) 12 tahun, yang 30 juz (usia) 14 tahun, ke depan harus di bawah 10 tahun," pungkasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel Mudah Diakses di Google News

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved