BMKG Rilis Prakiraan Cuaca di Kalbar Hingga 10 Desember 2022, Waspadai Potensi Cuaca Ekstrem

"Diprakirakan cuaca ekstrem berupa hujan lebat disertai petir dan angin kencang berdurasi singkat pada siang, sore, hingga malam hari berpotensi terja

Penulis: Muhammad Rokib | Editor: Faiz Iqbal Maulid
Tribunpontianak/Muhammad Rokib
Pengendara menerobos hujan deras di Kota Pontianak. 

RIBUN PONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Supadio Pontianak merilis prakiraan cuaca di wilayah Kalimantan Barat termasuk Kota Pontianak mulai 5-10 Desember 2022.

"Diprakirakan cuaca ekstrem berupa hujan lebat disertai petir dan angin kencang berdurasi singkat pada siang, sore, hingga malam hari berpotensi terjadi 5 – 10 Desember 2022 di sebagian besar wilayah Kalimantan Barat," kata Kepala Stasiun Meteorologi Supadio, Nanang Buchori.

Sehingga perlu diwaspadai untuk wilayah pesisir bagian barat Kalbar seperti Kabupaten Ketapang, Kayong Utara, Kubu Raya, Pontianak, Mempawah, Bengkayang, Singkawang, dan Sambas. Karena potensi terjadi genangan di wilayah Pesisir masih perlu diwaspadai hingga  14 Desember 2022. 

BMKG Rilis Peringatan Potensi Cuaca Ekstrem di Kalbar Seminggu Kedepan

BMKG Rilis Prakiraan Potensi Banjir Pesisir Kalbar, Dampak dari Fenomena Bulan Baru dan Perigee

Ia menyebut, untuk pasang air laut maksimum di sekitar Kota Pontianak diprakirakan setinggi 1,7 meter pada 10-14 Desember 2022.

Sementara, untuk wilayah Ketapang air pasang laut bisa mencapai 1.8 meter sejak 9-12 Desember 2022.

Kemudian, untuk kondisi debit Sungai di sebagian wilayah Kabupaten Sekadau dan Sintang juga telah naik, sehingga perlunya meningkatkan kewaspadaan, karena potensi masih akan berlangsungnya genangan/banjir.

"Masyarakat diimbau untuk mewaspadai dampak cuaca ekstrem yang terjadi seperti adanya pohon tumbang, jalan menjadi lebih licin, munculnya genangan/banjir, tanah longsor, dan dampak bencana hidrometeorologi lainnya yang dapat menghambat aktivitas," katanya.

Cek berita dan artikel mudah diakses di Google News

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved