KPK, PPATK, Hingga BIN Bakal Ikut Sidang Pembahasan Akhir Pj Kepala Daerah Singkawang

Untuk selanjutnya, jabatan Kepala Daerah di Kota Singkawang ini akan digantikan sementara oleh Penjabat (Pj) Kepala Daerah, hingga Pemilihan Kepala Da

Penulis: Rizki Kurnia | Editor: Faiz Iqbal Maulid
Tribunpontianak/Faiz Iqbal Maulid
Gedung Merah Putih KPK di Jalan HM. Soeharto, Kuningan, Guntur, Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SINGKAWANG - Sesuai hasil Rapat Paripurna di Kantor DPRD Singkawang, Jumat 30 September 2022 lalu, masa jabatan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Singkawang akan berakhir pada 17 Desember 2022 mendatang.

Untuk selanjutnya, jabatan Kepala Daerah di Kota Singkawang ini akan digantikan sementara oleh Penjabat (Pj) Kepala Daerah, hingga Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) kembali digelar pada 2024 mendatang.

Saat ini, sejumlah nama calon Pj Kepala Daerah untuk Kota Singkawang sudah diusulkan oleh Gubernur Kalimantan Barat dan Ketua DPRD kepada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Menurut informasi yang berhasil Tribun Pontianak himpun dari usulan DPRD Singkawang dan Gubernur Kalbar, yakni Fery Madagaskar (Sekda Kabupaten Sambas), Sumastro (Sekda Kota Singkawang), Syarif Kamaruzaman (Kadisperindag dan ESDM Provinsi Kalbar) dan Ani Sofian (Kepala Dinas Kepegawaian Provinsi Kalbar), dan Linda Purnama (Asisten I Setda Provinsi Kalbar).

Megah, Gerbang Batas Kota Cap Go Meh Perbatasan Kota Singkawang dengan Bengkayang Diresmikan

Polres Singkawang Berusaha Berikan Pelayanan Terbaik kepada Masyarakat dan Bebas Pungli

Satu dari nama-nama tersebut nantinya akan dipilih menjadi Pj Kepala Daerah Kota Singkawang berdasarkan Sidang Pembahasan Akhir yang digelar Kemendagri RI bersama lembaga lainnya.

Kepala Pusat Penerangan Kemendagri, Benni Irwan menerangkan, lembaga yang ikut dalam Sidang Pembahasan Akhir bersama Kemendagri tersebut yakni Kemensetneg RI ( Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia), Setkab (Sekretariat Kabinet Republik Indonesia, KemenPAN RB (Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi), BKN (Badan Kepegawaian Negara), Kemenkum HAM (Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manuasia), Polri, BIN (Badan Intelijen Negara), PPATK (Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan), KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) dan lainnya.

Menurut penuturan Benni Irwan, saat ini pihaknya masih menunggu waktu untuk pembahasan Pj Kepala Daerah Kota Singkawang di sidang pembahasan akhir bersama lembaga-lembaga tersebut.

"Saat ini menunggu waktu untuk dibahas di sidang pembahasan akhir bersama Kementerian dan Lembaga terkait," ujar Benni Irwan, Minggu 4 Desember 2022.

Untuk diketahui, Pj Kepala Daerah Kota Singkawang ini akan secara langsung dipilih di sidang pembahasan akhir, sehingga tidak melalui prosedur pengujian atau test, baik itu fit and proper test, wawancara dan lainnya.

"Tidak, tidak ada tes. Nanti langsung dipilih pada saat sidang pembahasan akhir," pungkas Benni Irwan. 

Cek berita dan artikel mudah diakses di Google News

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved