Festival Seni Budaya dan Adat Istiadat Dayak Kantuk di Kapuas Hulu Resmi Dibuka

"Pastinya Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas Hulu menyambut baik dengan adanya kegiatan tersebut, karena salah satu menggali seni budaya dan adat isti

Penulis: Sahirul Hakim | Editor: Faiz Iqbal Maulid
Tribunpontianak/Sahirul Hakim
Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas Hulu H Mohd Zaini saat menghadiri langsung acara pembukaan festival seni budaya, dan adat istiadat Dayak Kantuk Kabupaten Kapuas Hulu tahun 2022, Rumah Panjang Danau Buak, Desa Bika, Kecamatan Bika, Sabtu 3 Desember 2022. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KAPUAS HULU - Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas Hulu, H Mohd Zaini, menyatakan kalau dirinya kemarin Sabtu 3 Desember 2022, telah membuka kegiatan festival seni budaya, dan adat istiadat Dayak kantuk Kabupaten Kapuas Hulu tahun 2022, Rumah Panjang Danau Buak, Desa Bika, Kecamatan Bika.

"Pastinya Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas Hulu menyambut baik dengan adanya kegiatan tersebut, karena salah satu menggali seni budaya dan adat istiadat Kantuk untuk kebanggaan generasi muda Kantuk," ujarnya kepada wartawan, Minggu 4 Desember 2022.

Tentunya dengan harapan seni budaya dan adat istiadat sudah sejak nenek moyang di Kabupaten Kapuas Hulu, dapat digali lagi oleh generasi muda, agar tidak punah dan termakan usia.

"Kami sebagai Pemerintah Daerah, tidak bisa bekerja sendiri, artinya sudah tentu harus selalu didampingi oleh masyarakat, adat memiliki tujuan dan cita-cita yang sama, membangun bangsa dalam keanekaragaman suku, agama, ras dan juga budaya, dimana peran tersebut tersebut diharapkan salah satu dibangun oleh para generasi muda," ucapnya.

Intip Kemeriahan Pembukaan Festival Danau Sentarum, Suguhkan 3.500 Cangkir Madu Asli Kapuas Hulu

FDS Diharapkan Tumbuhkan Kebanggaan Tradisi Dan Potensi Ekonomi Wisata Di Kapuas Hulu

Sekda juga mengajak, agar selalu menjaga kearifan lokal budaya Dayak, adat istiadat dan hukum adat, yang sesuai dengan falsafah hidup warga Dayak, seperti filosofi rumah panjang atau rumah Betang.

"Di mana rumah panjang itu menjadi warga Dayak yang menjunjung tinggi nilai kejujuran, kesetaraan, kebersamaan, dan toleransi serta taat pada hukum seperti hukum negara, adat dan hukum alam," ujarnya.

Maka diharapkan dengan adanya kegiatan seperti ini, harus terus dilaksanakan karena selain memberikan manfaat untuk generasi muda, juga mempromosikan wisata budaya di Kabupaten Kapuas Hulu

Cek berita dan artikel mudah diakses di Google News

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved