Kapolsek Ketungau Hilir Turun Langsung Cek Lokasi dan Sampaikan Imbauan Larangan PETI

Tindakan Preventif Polsek Ketungau Hilir dengan cara memberikan imbauan kepada para pekerja PETI diwilayah hukum Polsek Ketungau Hilir.

Editor: Jamadin
Dok. Polsek Ketungau Hilir
Kapolsek Ketungau Hilir Iptu Nikadelis Dekok dan personel datangi lokasi PETI dan sampaikan imbauan kepada pekerja, Kamis 1 Desember 2022 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SINTANG - Maraknya Penambangan Emas Tanpa Izin ( PETI ) di wilayah kecamatan Ketungau Hilir mengharuskan Polsek Ketungau Hilir melakukan Sosialisasi dan Imbauan Larangan kegiatan PETI di wilayah hukumnya, dengan sasaran Para Pekerja PETI yang melakukan aktifitasnya di tepian sungai wilayah Kecamatan Ketungau Hilir, Kamis 1 Desember 2022.

Tindakan Preventif Polsek Ketungau Hilir dengan cara memberikan imbauan kepada para pekerja PETI diwilayah hukum Polsek Ketungau Hilir.

Adapun tujuan dilakukannya kegiatan preventif oleh Polsek Ketungau Hilir yaitu untuk mencegah maraknya PETI (Penambangan Emas Tanpa Izin) di aliran Sungai Kapuas Kec. Ketungau Hilir yang berdampak pada kerusakan sungai beserta ekosistem yang ada didalamnya.

Terduga Cukong PETI Asal Singkawang Mulai Disidangkan dan Reaksi Pengacara

Kegiatan dipimpin oleh Kapolsek Ketungau Hilir IPTU Nikadelis Dekok yang didampingi oleh PS. Kanit Intelkam Polsek Ketungau Hilir AIPDA Syamsuri P.S.S., S.H.

 

Dalam himbauannya Kapolsek Ketungau Hilir menyampaikan beberapa hal diantaranya, agar para pekerja PETI dialiran Sungai Kapuas yang masuk kedalam wilayah Kec. Ketungau Hilir untuk segera menghentikan aktivitasnya.

Selain bertentangan dengan UU RI No. 4 tahun 2009 tentang Pertambangan Minerba, aktivitas PETI di aliran Sungai Kapuas Kecamatan Ketungau Hilir juga menimbulkan dampak yang berkelanjutan.

 selain menyebabkan abrasi pada tepian sungai, kegiatan tersebut juga merusak ekosistem yang ada didalamnya sehingga mengganggu mata pencaharian para Nelayan yang berdomisili di sepanjang aliran Sungai Kapuas.

"Aktivitas PETI disepanjang aliran Sungai Kapuas wilayah Kecamatan Ketungau Hilir merupakan aktivitas penambangan illegal (illegal minning) yang melanggar UU RI No.4 tahun 2009" ungkap Kapolsek Ketungau Hilir Iptu Nikadelis Dekok .

Lebih lanjut Kapolsek menjelaskan meskipun telah melanggar UU RI No.4 tahun 2009 agar Polsek Ketungau Hilir tetap melakukan tindakan preventif dalam upaya penegakan hukum terkait aktivitas PETI diwilayah Kecamatan Ketungau Hilir guna mencegah adanya gejolak yang mungkin timbul dengan alasan sulitnya lapangan kerja yang ada pada saat ini.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved