Piala Dunia 2022

Gol Kontroversi Jepang Bantu Gugurkan Jerman, FIFA Berikan Penjelasan

Bisa saja seandainya gol tersebut tetap dianulir dan dinyatakan batal, tentu hasil pertandingan bisa berbeda.

Penulis: Alfon Pardosi | Editor: Alfonsius Pardosi
Kompas.com (AFP/GIUSEPPE CACACE)
Penyerang Jepang Kaoru Mitoma (kiri) mencoba mengoper bola berujung gol kedua timnya pada laga Grup E Piala Dunia 2022 Qatar. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Satu timnas raksasa sepak bola dunia yakni Jerman harus menelan pil pahit gagal lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 setelah kalah selisih gol dengan Spanyol.

Perjuangan Der Panzer yang berusaha keras mengalahkan Kosta Rika dipertandingan terakhir grup E menjadi sia-sia pada Jumat 2 Desember 2022 dini hari WIB.

Jadwal 16 Besar Piala Dunia 2022 Hari Sabtu Dibuka Belanda dan Argentina

Gegagalan Jerman ke babak selanjutnya tidak lepas dari hasil pertandingan lain di grup E yakni antara Jepang vs Spanyol.

Dimana tim Samurai Biru kembali membuat kejutan dengan menumbangkan tim-tim kuat termasuk Spanyol dengan skor 2-1.

Gol-gol Jepang dibukukan oleh Ritsu Doan pada menit ke-48 dan Ao Tanaka (51'). Sementara itu, satu gol Spanyol tercipta berkat sundulan Alvaro Morata (11'). Akan tetapi, gol kedua Jepang yang membuat Spanyol kalah menghadirkan kontroversi.

Dalam prosesnya, gol kedua Jepang tercipta dari umpan silang Ritsu Doan ke dalam kotak penalti. Kaoru Mitoma lalu menyambarnya dan dituntaskan oleh Ao Tanaka.

Wasit sempat memeriksa VAR (Video Assistant Referee) karena ada indikasi bola sudah keluar atau melewati garis sebelum disambut Kaoru Mitoma.

Meski demikian, VAR memutuskan gol Tanaka sah. FIFA menjelaskan bahwa gol tersebut sah karena bola belum sepenuhnya melewati garis putih.

Klasemen Akhir Piala Dunia 2022 Grup E Usai Spanyol Tumbang dan Kutukan Jerman Berlanjut

"Gol kedua Jepang harus dicek oleh VAR, tetapi Mitoma melakukan umpan silang yang cukup untuk Tanaka sebelum seluruh bola melewati garis," tulis pernyataan FIFA.

Gol tersebut tak hanya membuat Spanyol kalah, tetapi juga menyingkirkan Jerman dari Piala Dunia 2022.

Bisa saja seandainya gol tersebut tetap dianulir dan dinyatakan batal, tentu hasil pertandingan bisa berbeda.

Sementara itu, Jepang lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 sebagai juara grup usai memuncaki klasemen akhir Grup E dengan raihan enam poin.

Mereka mengungguli Spanyol 4 poinyang berada di peringkat kedua dan melaju ke 16 besar sebagai runner-up.

Adapun Jerman dan Kosta Rika yang berurutan menghuni posisi ketiga dan keempat Grup E tersingkir dari Piala Dunia 2022.

Jerman sejatinya memiliki jumlah poin yang sama dengan Spanyol, tetapi mereka gagal melangkah ke fase gugur karena kalah selisih gol. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Piala Dunia 2022: Kontroversi Gol Kedua Jepang, Alasan Sah yang Buat Jerman Gugur"

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved