Pola Hidup Sehat

Cara Mencegah Diabetes dari Garis Keturunan, Pahami Sejak Dini Sebelum Terlambat!

Gejala diabetes tipe 2 umumnya mirip dengan diabetes tipe 1, namun bahayanya bisa saja tidak dirasakan oleh pengidapnya.

Kolase Tribun Pontianak
Stress akibat diabetes sangat berpengaruh besar pada kesehatan lainnya 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID- Diabetesmerupakan penyakit yang tidak bisa diabaikan begitu saja.

Banyak cara agar penyakit ini bisa dikendalikan, diantaranya dengan tidak mengkonsumsi gula secara berlebihan.

Gejala diabetes tipe 1 meliputi sering buang air kecil, haus, lapar terus-menerus, penurunan berat badan, perubahan penglihatan dan kelelahan.

Yang patut digarisbawahi adalah, gejala-gejala ini dapat terjadi secara tiba-tiba.

Gejala diabetes tipe 2 umumnya mirip dengan diabetes tipe 1, namun bahayanya bisa saja tidak dirasakan oleh pengidapnya.

Akibatnya, penyakit ini baru dapat didiagnosis beberapa tahun setelah komplikasi muncul. Untuk itu, sangat penting untuk menyadari faktor risiko diabetes ini.

Ciri-ciri Mendasar Seseorang Terkena Diabetes, dari Gangguan Penglihatan Hingga Sering Haus

Diabetes tipe 1 saat ini tidak dapat dicegah. Pendekatan yang efektif untuk mencegah diabetes tipe 2 dan untuk mencegah komplikasi dan kematian dini yang dapat diakibatkan oleh semua jenis diabetes seperti berolahraga secara teratur, makan dengan sehat, menghindari merokok, dan mengontrol tekanan darah serta lemak.

Hal penting yang perlu dilakukan juga adalah diagnosis dini. Semakin lama tidak terdiagnosis dan tidak diobati, kemungkinan hasil kesehatannya akan semakin buruk.

Oleh karena itu, hal mudah yang dilakukan dengan melakukan cek kesehatan berkala, yang bisa dilaksanakan di Puskesmas terdekat.

Cek kesehatan tersebut meliputi pengukuran tinggi, berat badan, lingkar perut, cek gula darah, dan konsultasi dengan tenaga medis.

Pengobatan diabetes tergantung pada jenis diabetes yang dialami oleh pasien. Pada diabetes tipe 1, pasien akan membutuhkan terapi insulin untuk mengatur gula darah sehari-hari.

Waspada ! Lonjakan Gula Darah Akibat Diabetes, Bisa Meningkatkan Resiko GERD Kambuh

Beberapa pasien diabetes tipe 2 juga disarankan untuk menjalani terapi insulin untuk mengatur gula darah. Insulin tambahan biasanya akan diberikan melalui suntikan, bukan dalam bentuk obat oral.

Dokter akan mengatur jenis dan dosis insulin yang digunakan, serta memberitahu cara menyuntiknya.

Pada kasus diabetes tipe 1 yang berat, dokter akan merekomendasikan prosedur transplantasi pankreas untuk mengganti pankreas yang rusak.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved